Jaga Pola Hidup Bersih dan Sehat, Kades Tambang Besi Anggarkan Program WC Subsidi Untuk Warga

Newslan-id (Bangko) – Menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sudah seharusnya diawali dari lingkungan rumah tangga dan tanggung jawab bersama.

Melihat situasi ini, Tarmizi Kepala Desa Tambang Besi Kecamatan Batang Masumai, tergerak untuk mewujudkan lingkungan sehat terutama dari limbah rumah tangga.

Kades menjalankan program bantuan WC/ kamar mandi subsidi bagi warga yang tergolong kurang mampu. Diketahui program tersebut sangat bermanfaat bagi warga yang belum memiliki WC, dan sangat mempengaruhi lingkungan maupun kesehatan dan kebersihan desa.

Poto: Program WC subsidi Desa Tambang Besi

“Alhamdulillah sejak tahun 2021 sampai 2022 secara bertahap sudah lebih kurang 30 warga yang mendapat WC subsidi ini. Sementara untuk tahun 2023 ini, Kami anggarkan lagi sebanyak 7 unit WC dengan anggaran yang sama sebesar Rp.3000.000,- per unit WC subsidi ini,” jelas Kades.

Disamping itu, dengan program WC subsidi ini juga membantu pemerintah dalam hal kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Diakui juga oleh Kades, dengan adanya WC ini warga yang tidak mampu sudah mulai terarah untuk pembuangan limbah dan juga lingkungan menjadi sehat.

Program desa ini juga sudah mendapatkan penghargaan dari Dinas Kesehatan Kabupaten merangin.

“Kami sebagai Kepala Desa mengucapkan ribuan Terimakasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin atas penghargaan yang diberikan kepada desa kami Tambang Besi ini,” ucap Kades lagi.

Selain bantuan WC subsidi untuk warga, Kepala Desa Tarmizi juga mempunyai program tempat perawatan melahirkan atau tempat rawat inap bagi warga yang kurang mampu.

Untuk lokasi tempat rawat inap, dipilih lokasi di belakang Kantor Desa atau di samping kantor desa lebih tepatnya.

“Cuma sayangnya fasilitas rawat inap tersebut kurang memadai, oleh sebab itu kami mohon perhatian pemerintah daerah, agar program ini bisa bejalan dengan baik. Ini semua semata-mata demi warga dan membantu program pemerintah daerah,” tutup Kades saat dijumpai awak media.

Baca Juga :   Damai Itu Indah, Senen Dan Sapri Akhirnya Berdamai Di Bulan Ramadhan 1444 H.

Halidin