PEMERINTAH PANGKALAN JAMBU GELAR RAPAT PEMANTAPAN KAFILAH MTQ KE 49 TINGKAT KABUPATEN MERANGIN

Newslan-id (Merangin) Pemerintah Kecamatan Pangkalan Jambu Kabupaten Merangin Provinsi Jambi melaksanakan Rapat Persiapan Pengiriman Kafilah ke MTQ Tingkat Kabupaten Merangin di Aula Kantor Camat setempat, yang dihadir oleh Kepala KUA Pangkalan Jambu Ahmad Aspiak, Lc, Ketua MUI Pangkalan Jambu, H. Saipul Amri, S.Pd, dan Ketua LPTQ Kecamatan Pangkalan Jambu, Dr. H. Darmawi dan Kepala Desa se Kecamatan Pangkalan Jambu, Selasa (21/02/2023).

Rapat yang dipimpin oleh Sekcam Pangkalan Jambu ( Heriyanto ), dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan Pemantapan kafilah Kecamatan Pangkalan Jambu, yang akan mengikuti pergelaran Lomba MTQ ke-49 Tingkat Kabupaten Merangin Tahun 2023.

Pelaksanaan perlombaan yang akan dilaksanakan di Kecamatan Margo Tabir, akan dimulai pada tanggal 10 – 14 Maret 2023. 

Adapun dalam perlombaan kali ini, Kecamatan Pangkalan Jambu akan mengirim peserta lebih dari cukup, walaupun tidak dapat mengikuti setiap cabang lomba MTQ,,,

Rencananya, keberangkatan  Kafilah perlombaan MTQ Tingkat Kabupaten Merangin Tahun 2023 akan dilepas oleh Camat Pangkalan Jambu M. Kamil, ZK, S.Pd pada saat Pemberangkatan mendatang.

Kepala Kantor Urusan Agama Pangkalan Jambu Ahmad Aspiak, Lc menyampaikan, pengiriman kafilah untuk mengikuti perlombaan MTQ sudah sering dilakukan oleh Kecamatan Pangkalan Jambu, bahkan beliau mengatakan bahwa pada pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Merangin yang Ke 48 Tahun 2019 yang lalu, Pangkalan Jambu memperoleh Juara Umum. mudah-mudahan MTQ ke 49 ini, kita bisa mempertahankannya atau jangan sampai jauh lari dari pelaksanaan MTQ Ke 48 yang lalu. Namun dalam pelaksanaannya masih diperlukan rapat pemantapan guna bersama-sama menyelaraskan langkah.

Dengan demikian diharapkan, dalam pelaksanaan lomba MTQ tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar, mulai dari pemantapan, keberangkatan, pelaksanaan lomba hingga kepulangan para kafilah dari ajang tersebut.

Baca Juga :   Didampingi Wabup, Wagub Resmi Buka Geopark Merangin - Jambi Open Rafting 2022

Agar pelaksanaan dari keberangkatan, sukses berangkatnya, sukses pelaksanaannya dan sukses kepulangannya. Jadi, kesuksesan itu perlu adanya koordinasi, komunikasi dan kerjasama. 

Pada kesempatan itu, Ahmad Aspiak juga berpesan agar seluruh peserta kafilah MTQ dapat menjaga diri dan menempatkan diri dengan baik, serta menjaga nama baik Kecamatan Pangkalan Jambu selama pelaksanaan perlombaan nanti.

Untuk diketahui, cabang/golongan Musabaqoh yang akan diperlombakan pada MTQ ke-49 tingkat Kabupaten Merangin Tahun 2023, yaitu:

  1. Seni Baca Al-Qur’an : Anak-anak, Remaja, Dewasa dan Tartil Al-Qur’an
  2. Qiraat Al-Qur’an : Golongan Murottal Remaja, Murottal Dewasa, Mujawwad Dewasa dan Golongan Canet
  3. Hafalan Al-Qur’an : Golongan 1 Juz, 5 Juz, 10 Juz dan 20 Juz
  4. Hafalan Al-Qur’an Golongan 30 Juz dan Tafsir Al-Qur’an
  5. Fahm Al-Qur’an
  6. Syarh Al-Qur’an
  7. Seni Kalighrafi Al-Qur’an
  8. Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ)
  9. Hafalan 100 Hadits Nabi. 

( ncu )