Program Ketahanan Pangan Desa Sialang Optimalkan Potensi Lahan Yang Tersedia 

Newslan.id Merangin. Desa Sialang memiliki potensi yang sangat menjanjikan, menjadikannya sebagai salah satu desa dengan lahan pertanian terluas di Kecamatan Pamenang, mayoritas penduduk desa menekuni mata pencaharian sebagai petani. Rabu(09/10/2024).

Kepala Desa Imam Mustopa bersama masyarakat memanfaatkan lahan pertanian yang luas untuk menghasilkan komoditas pangan utama seperti cabe, jagung, kacang panjang, terong, dan lain nya, selain menjadi lumbung pangan nabati, Desa Sialang juga dianugerahi kekayaan sumber alam.

Pentingnya keberagaman sumber daya alam ini memberikan pondasi yang kuat untuk ketahanan pangan  Desa Sialang, tak hanya itu, kekayaan alam Desa Sialang juga terlihat dari pekarangan yang luas, menjadi potensi yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan penghijauan dan peningkatan nilai estetika keberagaman potensi.

Seperti yang disampaikan oleh Kades Sialang kepada tim media Newslan.id beberapa waktu lalu, ini juga menciptakan harmoni antara manusia dan alam di desa ini, dengan demikian, Desa Sialang  tidak hanya menjadi sumber pangan dan tanah  yang subur tetapi juga dapat menciptakan lingkungan yang berkelanjutan.

Kepada perangkat desa serta masyarakat setempat. Melalui dialog dan diskusi yang kami lakukan, kami berhasil memperoleh wawasan mendalam terhadap kondisi desa, yang akan menjadi landasan untuk mengoptimalkan potensi yang ada guna meningkatkan kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat. 

Sejatinya, program desa berupa pengadaan bibit tanaman, pembibitan perikanan yang mengunakan drum plastik sebanyak 50 drum, dan kambing untuk peternakan. 

Terwujudnya program Ketahanan Pangan Di Desa Sialang tak terlepas dari kerjasama Kepala Desa, perangkat desa, BPD,tokoh masyarakat, karang taruna dan masyarakat.

“Program Ketahanan pangan ini bertujuan untuk memaksimalkan hasil potensi desa Sialang untuk kemakmuran masyarakat desa”ucapnya.

“Terima kasih kepada semua pihak yang ada didesa yang berkenan mensukseskan program ketahanan pangan desa Sialang”tambahnya.

Baca Juga :   Dihadiri Ribuan Undangan, Resepsi Rifaldi-Marisya Diwarnai Prosesi Adat 'Ulu-Anta'

“Dan untuk pembagian kambing setiap RT di bagi 2-4 ekor, untuk keseluruhan sudah tersalurkan 80 ekor kambing untuk desa Sialang “tutupnya.(Totoy)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini