Desa Air Batu Lokasi Geopark Merangin Jambi Butuh Perbaikan Selokan

Newslan-id (Merangin) – Sebagai salah satu dari beberapa desa yang menjadi lokasi Geopark Merangin Jambi, Desa Air Batu sudah sepatutnya berbenah dan mempercantik tampilannya.

Tak hanya seputaran lokasi situs maupun akses menuju titik Geopark, namun kondisi perumahan di dalam desa patut menjadi perhatian. Hal ini merujuk kepada target meningkatnya kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Saat ini, perlahan-lahan pemerintah desa bersama warga masyarakat telah memulai melakukan pembenahan tampilan desa. Namun mereka terbentur kondisi saluran air pembuangan di pinggir jalan desa kondisinya rusak parah.

Saat dikonfirmasi awak media ke Kepala Desa Air Batu, Sayudin Kamis, 02/03/2023, saluran parit ini sudah rusak parah dan berada di tengah-tengah Desa Air Batu. Akibatnya, ketika curah hujan tinggi air meluap banjir ke rumah warga.

“Parit ini sudah tidak berfungsi lagi lebih kurang 4 tahun, saat hujan deras air dari parit banjir sampai ke rumah warga,” ujar Kades.

Kades mengakui, jika pengunjung datang baik dalam negeri maupun dari luar, kami sangat merasa malu, karena melihat kondisi parit yang sudah mulai memakan bahu jalan.

“Jadi jalan sudah mulai dimakan oleh arusnya air, sehingga mobil masuk harus jalan miring karena kondisi jalan tidak datar lagi akibat arus air saat hari penghujan,” terang Sayudin.

Sayudin mengaku sudah mengusulkan kepada pemerintah daerah, untuk membantu Desa Air Batu memperbaiki parit tersrbut.

“Kalau hanya mengandakan anggaran dana desa (DD) saja tentunya belum terialisasi, karena kebutuhan desa cukup banyak,” tutup Kades.

Halidin

Baca Juga :   Sat Narkoba Polres Karimun Ungkap Tindak Pidana Narkotika Jenis Sabu Seberat 1,032 Kg