Diduga Kuat Untuk Kegiatan PETI ,Pasokan Solar Di SPBU 24 363.69 Limbur Tembesi Cepat Habis 

Newslan-id Sarolangun. BBM subsidi solar di SPBU khusus nya di luar Jawa sering kehabisan, dikarenakan kebutuhan masyarakat atau banyak yang tidak sesuai peruntukan nya. Sabtu (16/12/2023).

Seperti halnya yang terjadi di hampir seluruh SPBU di provinsi Jambi yang mana sering kedapatan pelayanan SPBU untuk BBM subsidi solar hanya perlu beberapa jam sudah habis.

Dan yang paling parah terjadi SPBU yang ada solarnya di kabupaten Sarolangun, Merangin, Bungo dan Tebo. 

Di keempat kabupaten ini, BBM solar paling dominan  sering terjadi cepat habis dan kelangkaan. Ada image di masyarakat SPBU di monopoli oknum oknum pelangsir. Kenapa dikuasai oleh oknum oknum pelangsir, karena setiap hari yang antrian itu orang dan mobil nya sama.

Kalau pihak SPBU, Pertamina dan APH mau tegas, sebenarnya sudah ada regulasi dan perundangan jelas, Peraturan Presiden no 191 2014 tentang Penyediaan Pendistribusian Dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

Salah satunya melarang SPBU menjual BBM untuk diperjualbelikan belikan.

Menurut penuturan beberapa warga di kecamatan Bathin VIII yang tidak mau disebutkan namanya, terkait SPBU 24 373.69 Limbur Tembesi yang secara kasat mata setiap hari dipenuhi oleh para pelangsir dan boleh dikatakan dikuasai dimonopoli mereka.

“Hampir setiap pagi hari saya melewati dan melintasi depan SPBU Limbur Tembesi selalu penuh antrian berbagai jenis mobil untuk isi solar, sampai sering mengganggu pemakai jalan lainnya ” ucapnya.

“Dan dari pelangsir itu solar peruntukan nya sudah tidak semestinya dan bukan rahasia lagi, hasil dari pelangsiran untuk kegiatan PETI (penambang emas tanpa ijin) dan untuk alat berat”tambahnya.

“Perlu diketahui bahwa seputar kecamatan Bathin VIII kabupaten Sarolangun Jambi itu ada aktivitas PETI yang sudah berlangsung puluhan tahun, tanpa terendus oleh APH secara serius”lanjutnya.

Baca Juga :   Tim Resmob 308 dan Unit Ranmor Satreskrim Polresta Bandar Lampung Meringkus Sindikat Pelaku Spesialis Pencurian Sepeda Motor

“Kegiatan PETI di wilayah Bathin VIII ada ratusan set alat beroperasi, dengan istilah “dompeng, Makanya stock SPBU Limbur Tembesi untuk solar, sering lenyap ditelan bumi. Karena disedot untuk kepentingan peti dompeng”tutupnya. (tim)