Masuki Masa Tenang, Ribuan Pengawas Pemilu Apel Siaga Pemilu dan Bersihkan Alat Peraga Kampanye

Newslan-id (Merangin) – Tahapan pemilu tahun 2024 hari ini memasuki masa tenang. Dimana seluruh aktivitas kampanye sudah harus dihentikan.

Hal ini disampaikan oleh ketua Bawaslu Kabupaten Merangin Himun Zuhri dihadapan ribuan anggota pengawas pemilu se-Kabupaten Merangin saat apel siaga pengawasan pemilu.

Hadir dalam apel siaga, Minggu 11 Februari 2024 pagi di halaman Kantor Bupati Merangin Pj. Bupati Merangin yang diwakili Asisten III Setda Kabupaten Merangin, Unsur Forkopimda dan pimpinan OPD serta tamu undangan lainnya.

“Saat ini kita sudah masuk dalam masa tenang, dimana semua aktivitas kampanye dalam metode apapun sudah tidak ada lagi memasuki masa tenang ini,” buka Himun.

Ditambahkan olehnya, semua anggota pengawas harus memastikan dan melakukan patroli pengawasan untuk memastikan tidak ada aktivitas kampanye.

Selain itu, Bawaslu Kabupaten Merangin juga telah menyurati peserta pemilu, menyurati pimpinan media massa agar tidak menayangkan semua aktivitas ataupun informasi tentang rekam jejak peserta pemilu.

“Kita juga sudah menyurati dan meminta kepada peserta pemilu dan Pimpinan media massa untuk tidak ada lagi aktivitas atau menayangkan semua aktivitas ataupun informasi tentang rekam jejak yang dapat merugikan peserta pemilu lainnya,” terang pria yang juga pernah menjadi jurnalis ini.

Usai apel siaga, dilanjutkan penandatanganan bersama Deklarasi Pemilu Damai yang Berkualitas dan Berintegritas Tahun 2024 oleh Asisten III, Forkopimda, OPD, dan unsur pimpinan Bawaslu Kabupaten Merangin.

Disinggunga terkait adanya APK yang ternyata masih terpasang saat masa tenang, Himun menjelaskan ini semua akan ditertibkan.

“Hari ini karena tidak ada aktivitas kampanye, makanya hari akan ditertibkan dan dibersihkan semua alat peraga dan bahan kampanye. Dan apabila ada aktivitas kampanye pada masa tenang ini, maka itu bisa dipastikan itu ada dugaan pelanggaran,” tambah Himun.

Baca Juga :   MUSYAWARAH RANTING PKB KECAMATAN TANJUNGSARI HADIRKAN TOMMY KURNIAWAN ANGGOTA DPR RI DARI FRAKSI PKB KOMISI VI

Acara ditutup dengan poto bersama dan pembagian tim yang akan bergerak melakukan patroli penertiban alat peraga kampanye. (dEniRio)