Menghadapi Pilkada Serentak, Kapolres Sarolangun Bersama Forkopimda Lakukan Rapat Koordinasi.

Newslan.id-Sarolangun. Untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut Pilkada di Kabupaten sarolangun yang dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia tahun 2024, Forkopimda Kabupaten Sarolangun yang turut dihadiri Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya, S.IK, M. Si melaksanakan koordinasi dipimpin oleh Pj. Bupati Sarolangun Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App.Sc dalam rangka kesiapan pelaksanaan tahapan pemilu di Kabupaten Sarolangun pada pada hari Kamis tanggal 02 Mei 2024 Sekira Pukul 10.00 WIB bertempat di Aula Hotel Golden Sarolangun Kel. Gunung kembang Kec. Sarolangun.

Menurut data yang disampaikan Kakankesbangpol Hudri S.Pdi, M.Pdi, berdasarkan UU nomor 14 tahun 2023 tentang Pemerintah Daerah, PKPU Nomor 02 Taun 2024 tentang penetapan tahapan jadwal pemilihan gubernur dan wakil gubernur, wali kota dan wakil wali kota, Bupati dan wakil bupati.

Sedangkan Pj. Bupati Sarolangun Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App.Sc menyampaikan data ada sebanyak 545 Daerah terdiri dari 37 Provinsi dan 508 daerah mengikuti pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024 termasuk Kabupaten Sarolangun. Dimulai dari Pemutakhiran data pemilih, sementara pendaftaran calon kepala daerah itu dilaksanakan pada 27-29 Agustus 2024, kemudian dilakukan penelitian calon, dan penetapan calon itu pada 23 September 2024, dan kampanye dilakukan 25 September 2024 s.d 23 November 2024, Pemungutan suara pada hari Rabu tanggal 27 November 2024.

Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya S.IK,M.S.I. menyampaikan tentang perkiraan situasi kamtibmas menjelang dan pada saat tahapan Pilkada Kabupaten Sarolangun
“Dilihat data dari Tahun 2017 Pilkada ini sedikit berbeda dengan tahun 2024 karena tingginya penekanan dan keikutsertaan dari masyarakat yang dapat menimbulkan gesekan antar masyarakat sehingga menyebabkan gangguan Kamtibmas di Wilayah Kab.Sarolangun” Katanya.

AKBP Budi menambahkan bahwa pihaknya akan menyiapkan 2/3 dari keseluruhan personil guna mengamankan jalannya tahapan Pilkada Sarolangun.
“Saya harap Bawaslu dan KPU dapat melaksanakaan tugasnya dengan baik sehingga dapan mencegah potensi dalam Pilkada, Untuk Perbantuan Keamanan, Polres Sarolangun akan Mengirimkan 297 Personil Mulai dari Tahapan Awal sampai dengan akhir kegiatan Pilkada Serentak Tahun 2024 dengan sandi Operasi Mantap Praja tahun 2024” Sambungnya.
“Kami berharap penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak 2024 ini berjalan baik, aman, lancar, dan tentunya ada antisipasi keamanan yang harus kita cermati bersama, antisipasi kampanye hitam, pemungutan suara dan penghitungan suara menjadi salah satu tahapan kerawanan” Tutunya.

Baca Juga :   Peduli Terhadap Sesama, Warga RW 02 Desa Kumain Swadaya Bedah Rumah Seorang Janda

Writer: Damri Editor: Lan Karlan
Mau Pesan Bus ? Klik Disini