H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo Bersama UPTD-BLK Payakumbuh Buka Pelatihan Menjahit di Nagari Andiang

 

Payakumbuh – Newslan-id. UPTD-BLK ( Unit Pelaksana Tekhnis Dinas – Balai Latihan Kerja ) Payakumbuh melaksanakan Pelatihan Kerja berdasarkan Klaster Kompetensi Kejuruan Garmen Apparel bidang Menjahit Pakaian Wanita Dewasa dengan durasi Pelatihan dijadwalkan selama 280 Jam Pelajaran (JP).

Tempat Pembukaan dan Pelatihan dilakukan pada salah satu rumah warga di Jorong Kampuang Baru Nagari Andiang Kecamatan Suliki Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat 20 Mei 2022.

Hadir dalam Pembukaan Pelatihan Kepala UPTD-BLK Payakumbuh, Patrianus Syahid (Nanang), Kepala Kecamatan Suliki Ali Syafri, Kepala Jorong Kampuang Baru Yodi, Peserta Pelatihan sebanyak 16 orang dan tentunya Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Fraksi Partai Gerindra, H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo.

H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo dalam sambutannya mengatakan : ” Pelatihan Menjahit pakaian wanita dewasa ini merupakan aspirasi dari masyarakat yang kami jaring melalui Reses tahun 2020 yang lalu dan Alhamdulillah bisa terlaksana tahun 2022 ini ” ungkapnya.

” Kami sebagai perwakilan masyarakat Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh akan senantiasa akan mendengarkan dan merealisasikan aspirasi yang masuk kepada kami di DPRD Provinsi karena adalah Janji yang harus kami perjuangkan kepada para konstituen-konstituen kami di Dapil V Provinsi Sumatera Barat ” tukuknya.

Selanjutnya Dt.Bijo Mengatakan : ” Selamat kepada para peserta Pelatihan yang mayoritas Ibu-ibu Rumah Tangga yang kebanyakan merupakan penyumbang Pasive income dalam Rumah tangga, mudah-mudahan dengan Ilmu menjahit yang diajarkan oleh Instruktur Handal dari UPTD-BLK Payakumbuh bisa diserap secara maksimal, sehingga ilmu yang didapat bisa diaplikasikan dan digunakan sebagai media untuk penyokong ekonomi Keluarga ” pungkasnya.

Kepala UPTD-BLK Payakumbuh, Patrianus Syahid dalam keterangannya mengatakan : ” Kami di UPTD-BLK Payakumbuh yang berada di bawah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker-Trans) Provinsi Sumatera Barat dalam hal ini berharap kepada Ibuk-ibuk peserta pelatihan untuk menanamkan kemauan yang kuat dalam belajar ilmu menjahit yang akan diajarkan oleh Instruktur kami yang berkompeten dan bersertifikasi nasional, sehingga Ilmu yang diajarkan bisa diserap secara maksimal ” ujarnya dihadapan peserta jahit.

Baca Juga :   PPK Kecamatan Sumberejo Adakan Rapat Pleno Terbuka Perbaikan DPS Pada Pemilu Tahun 2024.

Instruktur UPTD-BLK Payakumbuh Neti Herawati yang nantinya akan mengajarkan : ” Pelatihan awal berupa teori, Proses pembuatan pola, Menjalankan mesin dari awal, Memotong bahan dan Dasar-dasar Tekhnik menjahit ” tukuknya.

Kepala Kecamatan Suliki Ali Syafri yang didampingi Kepala Jorong Kampuang Baru Nagari Andiang, mengatakan : ” Terima kasih kepada H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo yang telah mempercayakan Pokok-pokok pikirannya ke daerah kami, sehingga diharapkan bisa menambah Khazanah keilmuan bidang Jahit menjahit bagi warga kami dan tidak lupa kepada UPTD-BLK Payakumbuh yang telah bersedia Pula mengajarkan ilmunya kepada masyarakat kami ” pungkasnya.

Pelatihan-pelatihan dan sejenisnya yang diperuntukan untuk masyarakat ekonomi lemah memang menjadi Program unggulan (Progul) oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam meningkatkan perekonomian kawasan.

Diharapkan 100 ribu Wanita/Ibu Rumah tangga dan 100 ribu Generasi Milenial adalah sasaran pelatihan-pelatihan yang berdasarkan Klaster kompetensi pada masing-masing kejuruan.

Menjahit pakaian merupakan salah satu bidang yang ditingkatkan kualitas dan kuantitinnya, sehingga Kedepan bisa disalurkan atau dibina untuk menjadi enterpreneur muda. ( Soe-crie ).