Gelar Kegiatan Pesantren Ramadhan SDN 07 Lubuklinggau Mendapatkan Apresiasi Dari Kepala Dinas Pendidikan

Newslan.id – Lubuklinggau, Bulan Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia, begitu umat Islam yang ada di Indonesia dan pada momen ini semua umat muslim berlomba-lomba mengerjakan kegiatan yang positif salah satunya SDN 7 Lubuklinggau yang melaksanakan Pesantren Ramadan untuk membentuk karakter Islami pada siswanya

Kegiatan Pesantren Ramadan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Lubuklinggau Firdaus Abky di SDN 7 Lubuklinggau Jalan Garuda, Kelurahan Lubuk Aman, Kecamatan Lubuklinggau Barat 1, Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Senin pagi, 25 Maret 2024.

Dimana kegiatan Pesantren Ramadan ini akan berlangsung selama satu minggu ke depan.

Firdaus Abky dalam kesempatan itu mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan SDN 7 Lubuklinggau sangat baik dan positif untuk mengisi hal-hal kegiatan siswa yang bersifat keagamaan.

Dimana kegiatan ini sangat penting sebagai persiapan atau dasar untuk pembentukan sikap siswa. Sehingga mereka bisa memiliki pribadi yang bagus serta pribadi yang Islami.

“Saya memberi apresiasi kepada SDN 7 Lubuklinggau telah melaksanakan kegiatan ini. Kegiatan ini sangat bagus dilaksanakan di sekolah apalagi melibatkan orang tua siswa yang hadir di sini,” ujar Firdaus saat diwawancara oleh awak media.

Lanjutnya, ia juga berharap agar kegiatan pesantren ramadan ini yang juga berkolaborasi dengan program Diniyah Islamiyah SD Negeri 7 Lubuklinggau bisa terencana.

Walaupun ini merupakan sekolah negeri atau sekolah pemerintah, namun juga harus bisa seperti sekolah Islam Terpadu lainnya

“Bila perlu dalam bentuk ataupun rilis nama yang lain kegiatan ini tetap kita laksanakan. Sebagaimana sekolah-sekolah seperti Islam Terpadu yang melaksanakan keagamaan dominan, kita pun sekolah-sekolah-sekolah pemerintah juga bisa melaksanakan seperti itu. Mudah-mudahan ke depannya saya harapkan guru tetap kompak, punya rasa peduli, mendukung kepala sekolah supaya sekolah ini bisa maju dan berkembang lagi,” harapnya.

Baca Juga :   Pekon Argopeni Peringati Hari jadi ke 57 Tahun Dengan Acara Jalan Sehat.

Sementara itu Pengawas Pembina, Iswandi Hasan, juga mengungkapkan, apresiasi kepada SDN 7 Lubuklinggau karena telah mengimplementasikan salah satu ekstrakurikuler nya yaitu Diniyah Islamiyah terhadap pesantren ramadan.

“Saya selaku pengawas pembina dari SDN 7 Lubuklinggau ini sangat mengapresiasi sekali kegiatan yang dilakukan oleh sekolah ini yaitu kegiatan bulan Ramadan berupa pesantren kilat. Yang mana pada kegiatan ini lebih ditekankan pada implementasi kegiatan ekstrakurikuler Diniyah islamiyah,” ucap Iswandi.

Kemudian, Iswandi juga berpesan kepada SDN 7 Lubuklinggau agar kegiatan-kegiatan seperti ini lebih ditingkatkan lagi apapun yang menjadi tujuan dari kegiatan ekstrakurikuler Diniyah Islamiyah yang sudah diprogramkan selama ini dapat terlaksana dengan baik.

“Saya harapkan juga untuk sekolah-sekolah lainnya bisa melaksanakan kegiatan seperti apa yang dilakukan oleh SDN 7 Lubuklinggau pada hari ini,” tambahnya.

Mengisi kegiatan positif selama ramadan membuat siswa SDN 7 Lubuklinggau mendapatkan banyak ilmu keagamaan yang bermakna sehingga meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia kebiasaan hidup beragama.

Tak hanya sebagai kegiatan wajib sekolah, pesantren ramadan juga menjadi sarana agar puasa siswa tidak sia-sia, melainkan puasa bermakna dan melimpahkan pahala.

Sementara Kepala SDN 7 Lubuklinggau Effran AR, S.Pd mengatakan, kegiatan pesantren ramadan yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk memotivasi siswanya agar lebih termotivasi untuk belajar ilmu kemasyarakatan, keagamaan, dan membiasakan siswa berperilaku baik terhadap, orang tua, guru, dan teman lainnya.

“Dengan di hadiri oleh orang tua siswa, diharapkan orang tua lebih memperhatikan dan mendukung kegiatan di sekolah. Karena mendidik anak tidak cukup dilakukan oleh guru di sekolah saja. Tetapi lebih dominan didikan dan ajaran orang tua yang ada di rumah. Karena anak lebih lama bersama orang tua dibanding dengan keberadaan di sekolah,” imbuh Effran.

Baca Juga :   Muhammad Ja'far Hasibuan : Tokoh Inspiratif Dunia Segudang Prestasi Dunia Anak Angkat Kapolri, 4 Kali Terima Bantuan dari Ayah Angkatnya

Lanjut Effran, walaupun kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu yang singkat. Namun diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pembelajaran berharga bagi siswa dan menambah wawasan siswa khususnya mengenai puasa ramadan sehingga dapat membentuk karakter siswa Islami.

Kegiatan tersebut juga dihadiri, Ketua Komite SDN 7 Lubuklinggau Sabani, Ketua RT 03 Lubuk Aman Ali Mustofa, Ustadz Mukri, guru, siswa, wali murid, serta masyarakat

Rls/Red.