Empat Pesan Bupati pada Musrenbang RKPD Kabupaten Merangin Tahun 2025

Newslan-id (Merangin) – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah RKPD Kabupaten Merangin Tahun 2025 dibuka secara resmi oleh Pj Bupati, Jumat 22 Maret 2024.

Bertempat di Aula Depati Payung Kantor Bappeda Kabupaten Merangin, tampak hadir Kepala Bappeda dari Kabupaten tetangga, Sarolangun, Bungo dan Tebo. Selain itu juga hadir unsur Forkopimda dan kepala OPD, tokoh masyarakat dan pemuda.

Selain itu, acara yg juga diikuti secara zoom juga diikuti oleh Bappeda Provinsi Jambi dan Direktur Pembangunan Daerah Kementerian PPN/Bappenas, Togu Pardede, ST., MIDS.

Ada empat pesan yang disampaikan oleh H. Mukti pada acara yang mengangkat tema “Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Dalam Rangka Menyongsong Kabupaten Merangin Yang Berdaya Saing, Maju dan Berkelanjutan” tersebut.

Pertama, Melakukan kajian secara cermat dan tanggap terhadap usulan program, kegiatan dan Sub Kegiatan yang dihasilkan sebelumnya dalam Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan, Forum Perangkat Daerah maupun usulan langsung masyarakat guna pematangan rancangan RKPD.

Kedua, Melakukan pemilihan program, kegiatan dan Sub Kegiatan secara profesional dan proporsional dengan menggunakan metode dan alat analisa yang tepat, memperhatikan skala prioritas, tingkat urgensi, dampak terhadap masyarakat dan kondisi potensi sumberdaya lokal yang tersedia.

Ketiga, Mengintegrasikan program, kegiatan dan Sub Kegiatan sesuai dengan kawasan pengembangan guna merangsang pusat-pusat pertumbuhan baru sesuai dengan potensi dan peluang pengembangan ekonomi daerah.

Keempat, mengupayakan terciptanya integrasi, sinkronisasi dan sinergi antar wilayah, antar ruang, antar waktu dan antar fungsi pemerintah dengan mengedepankan kepentingan masyarakat dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Harapannya dengan dilaksanakannya kegiatan ini bisa berdampak terhadap pembangunan daerah Kabupaten Merangin. (dEniRio)

Baca Juga :   Para Habib dan Kiai Pimpin Doa Untuk Ganjar dan Indonesia Di Jawa Timur