Perketat Keamanan dan Razia Jelang Lebaran, Lapas Bangko Gelar Apel Gabungan TNI-Polri

Newslan-id (Merangin) – Lapas Kelas IIB Bangko bersama TNI-POLRI menggelar Apel Siaga 3+1 Berantas HP, Pungli dan Narkotika (Halinar) sekaligus melakukan razia terhadap hunian Lapas Bangko, Jumat (05/4/2024).

“Apel siaga yang digelar dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 ini dilaksanakan serentak karena ini program dari Dirjen Pas Kemenkum HAM. Jadi seluruh UPT Lembaga Pemasyarakatan dan rutan di seluruh Indonesia melaksanakan kegiatan ini secara serentak, yaitu kegiatan 3+1,” sebut Mudo Mulyanto Kalapas Bangko.

Mudo menjelaskan, kegiatan 3+1 itu adalah deteksi dini, berantas narkoba dan sinergi dengan aparat penegak hukum. Sementara plus 1 nya yakni back to basic kembali kepada aturan pemasyarakatan yang sudah ada.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan kepada warga binaan yang ada pun tidak ditemukan barang-barang yang berbahaya dan terlarang.

“Yang kita temukan tadi hanya sendok, alat masak, gunting kuku dan lainnya, sedangkan HP dan Narkoba tidak kita dapatkan, mungkin ini karena Lapas Bangko sudah menyediakan alat komunikasi yang legal melalui wartel suspas bekerja sama dengan PT. Palapa jadi setiap komunikasi bisa dikontrol dan direkam,” tambahnya lagi.

Dijelaskan Mudo kemudian, Apel Siaga ini merupakan bentuk kesiapan dan komitmen seluruh jajaran pemasyarakatan demi terciptanya keamanan dan melakukan antisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban selama perayaan hari Raya Idul Fitri berlangsung.

“Saya memberikan apresiasi yang setinggi tingginya dan berterima kasih kepada Aparat Penegak Hukum yaitu Kodim 0420/ Sarko dan Polres Merangin serta seluruh jajaran Lapas Bangko, yang sudah menyukseskan kegiatan ini dengan baik, selanjutnya kerjasama ini akan berlanjut dengan pengamanan pelayanan kunjungan pada saat lebaran nanti,” ujarnya.

Usai mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang berjalan dengan lancar dan aman, acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama. (dEniRio)

Baca Juga :