BRT Trans Semarang Telah Operasikan Bus Low Deck Yang Ramah Bagi Disabilitas

Newslan.id – Semarang – Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Trans Semarang, mulai mengoperasikan bus low deck yang ramah terhadap disabilitas.
Kepala BLU UPTD Trans Semarang, Hendrix Setiawan menjelaskan armada ini sengaja dioperasikan untuk mendukung Ibu Kota Jateng sebagai kota inklusi dan ramah disabilitas, pada bidang transportasi yang disediakan Pemkot Semarang.
Hendrix mengatakan Bus low deck ini bisa untuk disabilitas. Kaum disabilitas bisa naik langsung dari bawah, tanpa perlu naik dari halte.

Sebenarnya, bus biasa atau high deck juga telah disediakan ruang untuk penumpang prioritas, termasuk disabilitas. Sayangnya, belum semua halte, kemiringannya dalam kategori yang standart untuk disabilitas sehingga pihaknya pun melakukan pengadaan pengadaan bus yang ramah disabilitas.

“Kita punya satu bus low deck yang berada di Koridor 3 dengan kapaaitas 30 penumpang termasuk untuk disabilitas” kata Hendrix.
Hendrix menargetkan semua koridor Trans Semarang memilki bus low deck. Pihaknya mendorong para konsorsium Trans Semarang melakukan peremajaan.

“Kami targetkan setiap koridor ada bus yang ramah disabilitas, kita dorong para konsorsium yang akan melakukan peremajaan untuk bisa memenuhi ini,” tuturnya.

Hendrix menjelaskan, armada ini sendri melengkapi kartu khusus disabilitas yang diluncurkan oleh Trans Semarang beberapa waktu lalu. “Inovasi ini menjadi komitmen kami melayani masyarakat, termasuk kaum difabel,” pungkasnya.(Khrisna)

Baca Juga :   Tak Penuhi Aturan Parkir, Bank Sumsel Babel Lahat Digugat PMH Di PN