Inovasi Kepala Sekolah SMA Negeri 01 Tanjung Sari Kembangkan Tanam Padi Beras Merah 

 

Jabar – Bogor  – Newslan.id. Kepala SMAN 01 Tanjungsari – Bogor Timur yang baru bertugas 5 -+ menjadi Kepala sekolah mulai berinovasi dengan melakukan Riset / Uji coba pengembangan Tanaman padi Beras merah di SMAN1 Tanjungsari berdiri diatas lahan seluas 1’Ha. ( 10,000 ) meter dan memiliki Siswa 300 orang siswa – siswi di Dua jurusan IPA – IPS.

Ada sebuah perubahan Signifikan sejak kepemimpinan, Luky Adam Bachtiar M.Pd. di 5 bulan terakhir 2022,mulai program perapihan sekitar Area Sekolah di tata sedemikian agar rapih , bersih dan terkesan tidak kumuh ,selanjutnya , Luky biasa di sapa, mengintruksikan kepada seluruh jajaran tenaga pengajar ( Guru ) yang notabene masih Honorer di pagi hari sebelum mulai belajar mengajar untuk, Pengajian / membaca Alqur’an 1 juz satu orang, dengan maksud tujuan para guru memberikan contoh / teladan yang baik kepada muridnya.

Luky , saat di temui di ruangannya memberikan keterangan terkait program Riset pengembangan tanaman Padi Beras merah di sekolahnya. Kami kata Luky, sedang melakukan Riset untuk mengembangkan budi daya tanaman padi beras merah secara teori kepada siswa – siswi agar nantinya para siswa ini yang notabene di Tanjungsari ini anak Petani” Ungkap Luky.

Lebih lanjut Luky.” Alhamdulillah sudah berjalan dan kami sudah mencoba Benih Padinya di Tanam di beberapa wadah( Tupper whare ) Plastik yang sederhana sekali dan bibit padi tersebut kami dapat dari Dinas Pertanian Bogor , dan hasilnya tumbuh dengan baik dan mudah – mudahan di musim semi bulan depan kami sudah bisa coba Tanam langsung di Sawah, tentunya bekerjasama dengan Orang tua Siswa.” Imbuhnya.

Luky menambahkan.” Tujuan kami agar siswa nantinya bisa memiliki kemampuan , baik itu di bidang Pertanian , Marketing dan berwira usaha mandiri. Tujuan inti dari pengembangan tanaman Padi Beras merah ini bisa menjadi satu ciri khas ( Icon ) Pertanian penghasil Beras merah di kabupaten Bogor yang berkualitas dan sehat karena, kata Luky ( Luky, red- ) Beras merah ini minim Karbohidrat sehingga tidak ada Efek negatif untuk kesehatan.

Baca Juga :   Rugikan Rp 2 Triliun, KPK Akan Panggil Ahok Terkait Dugaan Korupsi Pengadaan LNG di PT Pertamina

Terus juga lanjut Luky. secara pola ekonomi / Bisnis Beras merah kedepan secara Marketingnya ya itu siswa yang akan mengelolanya setelah hasil panen dari petani yang Insya Allah akan kami Akomodir disini , kami beli nantinya , harapannya para siswa bisa mempunyai penghasilan dari budidaya tanaman Padi Beras merah ini, otomatis bisa membantu Orang tuanya kan begitu.

Untuk marketing kami akan upayakan selain buat konsumsi secara lokal nantinya bisa masuk ke pasar pasar Moderen seperti Alfamart – Indomart juga kami pasarkan melalui Online karena itu cara marketing yang Epektif juga Episien.” Pungkas Luky.20/5/2022.| Marco – red.