Amankan Pemungutan Suara Pemilu 2024, Ratusan Polisi di Sukabumi Digeser ke TPS.

Newslan.id Sukabumi – Ratusan personel gabungan Polres Sukabumi Kota, Kodim 0607 Kota Sukabumi dan Subdenpom III/1-2 Sukabumi mengikuti apel pergeseran pasukan yang digelar Polres Sukabumi Kota di kawasan Eks Terminal Sudirman, Jalan Sudirman Warudoyong Kota Sukabumi, Senin (12/2/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan Wibowo, Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Inf. Yudhi Hariyanto, Unsur Forkopimda Kota Sukabumi, KPU dan Bawaslu Kota Sukabumi.

Apel pergeseran pasukan tersebut merupakan bentuk kesiapan Polres Sukabumi Kota dalam menghadapi tahap pemungutan dan penghitungan suara pada pemilu 2024. Hal itu disampaikan Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan Wibowo usai kegiatan.

“Pada hari ini seluruh Jajaran Kepolisian, Polda Jabar, secara serentak melaksanakan apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan TPS (tempat pemungutan suara), dimana diikuti oleh anggota Polri, TNI serta Dinas Instansi terkait,” ujar Ari kepada awak media.

“Apel pergeseran pasukan ini diselenggarakan untuk mengecek kesiapsiagaan kita untuk mengamankan tahapan pemungutan dan penghitungan suara pada tanggal 14 Februari mendatang. Alhamdulilah kami dari Polres Sukabumi Kota dibantu unsur TNI dan Instansi terkait siap mengamankan pemilu 2024 dan kita berkomitmen untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota,” sambungnya.

Ari juga mengatakan pihaknya menerjunkan ratusan personel gabungan untuk mengamankan proses pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2024 di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

“Secara keseluruhan, personel yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata sebanyak 512 personel, untuk pengamanan TPS sebanyak 360 personel kemudian sebanyak 230 personel lainnya akan kita libatkan dalam pleton rayonisasi untuk melakukan upaya preventif yaitu melaksanakan patroli pada saat pemungutan suara, membackup para personel kita yang melaksanakan pengamanan di TPS,” kata Ari.

Baca Juga :   Warga Desa Keseneng Bungah Dibantu Ganjar: Makasih Pak Jembatannya Sudah Jadi

“Alhamdulilah dari pak Dandim 0607 Kota Sukabumi juga telah menyiapkan sebanyak 350 personel untuk membackup personel Polri dalam pengamanan pemilu 2024,” bebernya.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat wilayah hukum Polres Sukabumi Kota dan para pelaksana pemilihan umum serta stakeholder terkait untuk sama-sama menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif d wilayah hukum Polres Sukabumi Kota dan mari kita saling mengingatkan untuk mendinginkan suasana hati saat pemungutan maupun penghitungan suara nanti. Pilihan boleh berbeda, akan tetapi persatuan dan kesatuan harus kita jaga.” pungkasnya.

Semantara itu, Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji menyampaikan telah menyiapkan personel pengamanan dari Linmas dan Dinas perhubungan untuk membantu Polri dalam mengamankan tahap pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2024.

“Kita melibatkan Linmas termasuk Satpol PP dan Dinas Perhubungan untuk bekerjsama dengan TNI, Polri dalam menjamin ketentraman, keamanan, kedamaian pada pelaksanaan pemilu 2024,” ujar Kusmana kepada wartawan.

“Untuk warga yang punya hak pilih, silahkan datang ke TPS masing-masing sesuai dengan pemberitahuan yang barangkali sudah diterima oleh masing-masing. Silahkan melakukan hak pilihnya di TPS masing-masing dan membuat pemilu ini menjadi damai, jaga ketertiban dan ketentraman, perbedaan itu adalah hikmah, insyaAlloh Sukabumi akan bahagia lahir batin melalui kerjasama kita, baik Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat lainnya.” tandasnya.

Diketahui, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan Wibowo beserta unsur Forkopimda Kota Sukabumi melakukan patroli gabungan ke beberapa lokasi di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Hal itu dilaksanakan sesaat setelah kegiatan apel pergeseran pasukan usai.

( Hendra )