Jangan Terlewatkan, Berikut 6 Bansos Yang Cair Oktober 2023.

Newslan-id Jakarta  – Seperti yang diketahui bahwa pemerintah kembali mencairkan bantuan sosial atau bansos kepada para keluarga penerima manfaat atau KPM pada bulan Oktober 2023.

Bansos ini diberikan pemerintah untuk para KPM dengan tujuan agar membantu mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan daya beli masyarakat.

Bansos apa saja yang akan cair pada bulan Oktober 2023.

Berikut ini merupakan 6 daftar bansos yang cair pada bulan Oktober 2023.

1. BLT Kemiskinan Esktrem

Bansos BLT Kemiskinan Ekstrem ini diberikan untuk menanggulangi masyarakat miskin ekstrem dan bansos ini akan dicairkan pemerintah pada bulan Oktober 2023.

Dana bansos BLT Kemiskinan Ekstrem yang nantinya kana didapatkan para penerima yaitu dana bansos sebesar Rp 900 ribu untuk penyaluran dana bansos pada bulan Juli, Agustus, dan September yang tertunda penyalurannya pada bulan September kemarin.

2. Bantuan Kartu Prakerja

Bantuan Kartu Prakerja ini merupakan bantuan yang diberikan pemerintah untuk memberikan pengembangan kompetensi kerja bagi para pencari kerja yang terkena PHK maupun pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Program Kartu Prakerja ini menjadi salah satu bantuan dari pemerintah yang ditunggu oleh masyarakat dan diketahui bahwa gelombang 62 dibuka pada tanggal 6 Oktober 2023

Selain itu juga ada bansos BLT Kemiskinan Ekstrem yang cair untuk alokasi 1 bulan dengan dana bansos yang akan didapatkan sebesar Rp 300 ribu untuk alokasi pada bulan Oktober.

Perlu diketahui bahwa jumlah nominal dan jadwal untuk penyaluran bansos BLT Kemiskinan Ekstrem ini setiap daerah berbeda.

Adapun insentif biaya prakerja terbagi menjadi 2 jenis yaitu insentif biaya mencari kerja sebanyak satu kali sebesar Rp 600 ribu dan yang kedua insentif pengisian survey evaluasi sebesar Rp 50 ribu yanag diberikan paling banyak 2 kali.

Baca Juga :   Dikritisi Aktivis Jawaban Klasik Pihak RSUD Cileungsi Mengaku Masih Banyak Kekurangan dan Akan Memperbaikinya

3. Bantuan PIP Kemendikbud merupakan komitmen pemerintah untuk mendukung keluarga yang kurang mampu dan dapat memastikan agar anak-anak mereka mendapatkan pendidikan yang layak.

Pemerintah akan memberikan dana bantuan PIP kepada para siswa dan siswi di jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA yang namanya sudah terdaftar di dalam Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Perlu diketahui bahwa sebelum melakukan pencairan dana, para siswa harus melakukan aktivasi rekening Simpel di BRI atau BNI sesuai dengan yang ditetapkan oleh pemerintah.

4. PKH Tahap 4

Bansos selanjutnya yang akan cair pada bulan Oktober 2023 yaitu bansos PKH tahap 4 untuk alokasi bulan September dan Oktober 2023.

Bantuan ini akan dicairkan kepada para KPM mulai dari pertengahan bulan Oktober 2023 hingga akhir bulan November 2023.

Bansos PKH ini akan disalurkan kepada para keluarga penerima manfaat atau KPM secara bertahap khusus untuk pemegang kartu KKS Merah Putih seperti bank BRI, BNI, Mandiri, dan BSI.

5. BPNT Tahap 5

Bantuan sosial atau bansos BPNT tahap 5 ini akan dicairkan melalui kartu KKS dan pencairan bansos ini rencananya akan dicairkan bersama dengan pencairan bansos PKH tahap 4 melalui kartu KKS bank himbara.

Para keluarga penerima manfaat atau KPM akan mendapatkan dana bansos BPNT tahap 5 ini sebesar Rp 400 ribu.

6. Bansos Beras 10 KG

Diketahui bahwa bantuan sosial atau bansos Beras 10 KG ini sudah disalurkan kepada para penerima manfaat pada bulan September 2023.

Namun diketahui masih ada banyak para KPM yang belum mendapatkan dana bansos tersebut, maka pemerintah akan menyalurkan kembali pada bulan Oktober 2023.

Itulah informasi mengenai 6 daftar bansos yang bakal cair pasa bulan Oktober 2023.

Baca Juga :   Jadwal Imsyakiyah Kabupaten Merangin 1444H / 2023 M

Selanjutnya, berikut link dan cara cek penerima bansos Oktober 2023:

– Pertama, kalian bisa akses lewat website kemensos di https://cekbansos.kemensos.go.id

– Kedua, Pilihlah wilayah KPM sesuai dengan Domisili anda dan tentunya cocok dengan KTP

– Ketiga, masukkan nama lengkap sesuai KTP anda masing-masing

– Keempat, masukkan kode captcha yang ada di dasbor dengan benar

– Jika sudah, tinggal klik cari data

Apabila anda terdaftar sebagai penerima manfaat bantuan sosial baik itu PKH atau yang lain maka akan ada tulisan sebagai penerima manfaat bansosnya. Jika tidak ada berarti nama anda masih belum terdaftar di DTKS Kemensos.

Sedangkan untuk cara mengecek lewat Aplikasi bisa lakukan langkah berikut ini.

– Install terlebih dahulu cekbansos yang ada di play store

– Kemudian tinggal tekan Buat Akun

– Lalu, lengkapi nama, nomor KK, NIK, Domisili, serta alamat email anda yang masih aktif

– Tunggu verifikasi lewat email, jika sudah tinggal masuk lagi dengan login menggunakan username dan kata sandi yang terdaftar

– Setelah itu, cari di aplikasi dengan menu Cekbansos

– Masukkan nama sesuai KTP serta lokasi KPM anda, kemudian klik Cari Data

– Aplikasi tersebut akan menginformasikan apakah anda menerima bansos tersebut apa tidak.(tim).