Presiden Jokowi Resmikan Ruas Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak di Sukabumi

Newslan-id Sukabumi. Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Sukabumi Marwan Hamami meresmikan Ruas Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak di Sukabumi, Jumat (4/8)

“Ruas ini akan mempercepat mobilitas barang dan juga yang berkaitan dengan investasi. Karena dari survei investor, Jawa Barat menduduki ranking pertama karena paling banyak dibangun jalan tol,” ujar Presiden Jokowi.

Dengan panjang 11,9 km dan anggaran pembangunan Rp2,3 triliun, Ruas Tol Cigombong-Cibadak akan mempersingkat waktu tempuh Jakarta-Sukabumi dari 5-6 jam menjadi hanya 2,5 jam.

Tol Cigombong-Cibadak yang terkoneksi dengan Tol Jagorawi ini diharapkan menjadi penghubung alternatif menuju kawasan pariwisata di Lido, Sukabumi, Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, dan Geopark Ciletuh.

Selain memperlancar konektivitas, jalan tol ini juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat dari sektor industri, barang, dan jasa karena akan tersambung dengan wilayah Jawa Barat bagian selatan seperti Bogor dan Ciawi.

Ruas Tol Cigombong-Cibadak merupakan bagian dari Jalan Tol Ciawi-Sukabumi (54 km) yang terdiri dari 4 seksi. Seksi 1 Ciawi-Cigombong (15,35 km) sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu. Sementara Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat (13,70 km) dan Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13,05 km) sedang dalam tahap pembebasan lahan dengan progres masing-masing 86% dan 9,9%.(**)

#SigapMembangunNegeri

Baca Juga :   Gerak Cepat Jajaran Polsek Bangko Berhasil Amankan Pasutri Pelaku Pencurian Di Beberapa Toko Pakaian