SOP PLN Dalam Menanggulangi Gangguan Jaringan

 

Merangin – Newslan.id Jum’at,17 Juni 2022.
Standar Operasional Prosedur (SOP) PLN mengatasi gangguan jaringan, sering masyarakat bertanya apabila terjadi gangguan jaringan PLN selalu dalam hitungan waktu yang cukup lama sampai durasi 30 menit sampai 1 jam.

Saat tim media mengulas lebih dalam strategi dan cara kerja menurut Standar Operasional Prosedur,kami di sambut penuh kehormatan di ruang kerja Kepala PLN Bangko Zera Fitrizon dan di dampingi Suverpisor Teknik Sandy Rambang menjelaskan menjelaskan tahap penormalan nya seperti apa yang kita lakukan agar personil dan keselamatan jiwa yang kita utamakan..

Misalkan gangguan terjadi, awal pertama yang kita lakukan adalah melihat indikasi gangguan yang tertera di peralatan Proteksi (pengaman) yang ada di Gardu Hubung ataupun Gardu Induk, Jika Indikasi menunjukkan gangguan yang tidak permanent yang biasanya disebabkan oleh Ranting pohon, Burung ataupun hewan yang bermain di jaringan listrik maka akan di coba dinormalkah (dihidupkan).

Jika sukses Normal maka pasca gangguan tersebut petugas akan segera melakukan inspeksi untuk mencari potensi gangguan yang terjadi tersebut. Namun jika indikasi menunjukkan gangguan permanen maka petugas akan segera melakukan penelusuran gangguan dikarenakan ada potensi bahaya jika dinormalkan misalkan ada pohon tumbang, kabel putus, Tiang patah, Masyarakat menebang Pohon, Bermain layangan disekitar Jaringan listrik dsb, yang bisa berakibat kecelakaan terhadap masyarakat umum. Dikarenakan Jaringan Listrik yang sangat panjang maka setelah di lakukan penelusuran petugas akan memperpendek jaringan dengan melepas titik titik lokalisir sehingga mempersempit daerah padam.

Begitu selanjutnya dilakukan penormalan bertahap sampai dengan tuntas guna memastikan gangguan yang terjadi dan juga memastikan masyarakat umum aman terhadap bahaya listrik.

Disini kami menghimbau pentingnya kerjasama antara masyarakat dan PLN terlebih lagi masyarakat yang mempunyai tanam tumbuh yang dilewati jaringan listrik untuk bisa mengikhlaskan tanam tumbuhnya untuk dibersihkan/ditebang karena hampir 80% gangguan Listrik yang terjadi disebabkan tanam tumbuh yang dekat dengan jaringan listrik dan juga disebakan oleh hewan primata (contoh monyet) yang meloncat dari pohon terdekat ke Jaringan listrik sehingga menyebabkan gangguan.

Baca Juga :   Breaking News....!!! Macet Berkepanjangan Belum Bisa Teratasi

Selanjutnya kami juga berharap kepada masyarakat bisa ikut aktif memberikan informasi jika mengetahui ada ledakan ataupun potensi gangguan listrik yang lain untuk segera menginformasikan ke petugas PLN sehingga ini menjadi acuan penting dilakukan perbaikan agar tidak terjadi gangguan berulang di lokasi yang sama dan juga demi percepatan penanganan gangguan itu sendiri.Ucap kepala PLN ramah dan gaul ini yang sebentar lagi kabarnya akan mutasi ke UP3 Jambi, sebentar sekali Pak ilmu, pengalaman yang bapak berikan.dengan kerja keras beliau memberikan perubahan di mana beliau di tempat tugas kan selalu berhasil

Ivan-Red