Kolaborasi Pemkab Pessel Dengan Kodim 0311/Pessel : Semangat Gerakan Literasi Minat Baca Bagi Anak

Newslan.id- Pesisir Selatan/ TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 T.A 2024 bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gerakan Literasi Sekolah dan kecintaan anak-anak terhadap buku. Layanan mobil perpustakaan keliling Kabupaten Pesisir Selatan mengunjungi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 18 Lagan Gadang Mudik, Kenagarian Lagan Mudik Punggasan Kecamatan Linggo Sari Baganti, Jumat (2/8/2024)

Kegiatan ini dihadiri, Plt Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesisir Selatan, Plh Pasiter dan anggota Satgas TMMD Ke-121, Camat Linggo Sari Baganti, Pj Wali Nagari Lagan Mudik Punggasan beserta perangkat, Kepala Sekolah Sekecamatan Linggo Sari Baganti beserta Majelis Guru dan Murid.

Dandim 0311/Pesisir Selatan, Letkol Inf Ery Partahi Hamonangan Siregar, M.Han. melalui PLH Pasiter, Lettu Inf Sutikno mengatakan, Apabila seseorang telah menerapkan literasi membaca sejak dini, tentunya orang tersebut akan memiliki wawasan dan pengetahuan yang cukup luas hasil dari literasi yang dilakukan, selain itu literasi juga membantu setiap individu untuk terbiasa berpikir secara kritis.

“Tentu kita berperan dalam berupaya meningkatkan literasi sejak dini untuk membiasakan anak minat baca, agar dapat menumbuhkan kecerdasan anak sebagai kekuatan tercapai cita-citanya sebagai harapan penerus Bangsa,” Ucap Lettu Inf Sutikno.

PLH Pasiter, Lettu Inf Sutikno mejelaskan, Pada masa sekarang dimana teknologi informasi dan komunikasi yang serba canggih, hampir semua orang terutama banyak anak yang masih usia dini telah kecanduan bermain game dan terkadang digunakan tidak sesuai usianya, bahkan terkadang menonton konten dewasa yang tentunya berdampak negatif pada sang anak.

“kami berharap, kepada kita bersama, baik kepada orang tua dan guru, mari kita jaga dengan mengawasi anak kita dari besarnya ancaman dampak negatif kemajuan pesat suatu teknologi pada zaman sekarang seperti hanphone yang serba bisa dari kecangihan fungsinya, seperti game taruhan di teknologi berdampak kesensaraan hidup.” Terangnya

Baca Juga :   Sambangi Posko Nataru, Ganjar Bagi Bingkisan kepada Petugas Jaga.

Lebih lanjut, dia meyampaikan, bhawa TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 adalah salah suatu program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah. Dengan harapan, kesejahteraan masyarakat di daerah juga meningkat.

“Bahwa Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan sebagai wujud dari kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam bentuk operasi bhakti yang dilaksanakan bersama-sama seluruh komponen masyarakat termasuk Pemerintah Daerah.” Jelas PLH Pasiter.

Demikian, setiap sasaran kegiatan TMMD, baik fisik dan non fisik, Lettu Inf Sutikno setiap kegiatan penyuluhan dilakukan sasaran non fisik melalaui komsos dan sosialisasi, berulang-ulang meyampaikan bhawa kegiatan TMMD digelar selama satu bulan dari tanggal 24 Juli (upacara pembukaan) hingga sampai 22 agustus (Upacara Penutupan) selesainya kegiatan TMMD Tahun Anggaran 2024 Kodim 0311/Pesisir Selatan dilaksanakan.

“Bhawa kegiatan sasaran fisik berupa jalan usaha tani sementara mencapai 65%, hampir rampung sepajang 5 Kilometer dan lebar 6 Meter, sasaran fisik lainnya berupa bantuan sebanyak 5 RTLH juga sama, hampir rampung. Selain sasaran fisik juga ada kegiatan no fisik dalam setiap harinya, berupa penyuluhan kesehatan, pendidikan, olahraga, ketahanan pangan dan Lain-lainnya.’ Pungkas PLH Pasiter, Lettu Inf Sutikno.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar melalui Plt Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesisir Selatan, Loli Nafita mengatakan literasi minat membaca juga upaya Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

” Upaya tersebut, kalaborasi ini demi terwujudnya dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Secara Berkeadilan, Maju dan Berdaya Saing menuju indonesia emas tahun 2045

Selanjutnya, ia menyampaikan, Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan semakin gencar dalam mewujudkan visi dan misi daerah dalam bidang peningkatan SDM dan ekonomi masyarakat, maka kalaborasi dan kerjasama ini merupakan kekuatan besar demi tercapai peningkatan pembangunan, karena percepatan pembangunan pesat meningkatkan Ekonomi dan kesejahteraan maayarakat.

Baca Juga :   Pemprov Jateng Pastikan Logistik untuk Warga Terdampak Rob Aman

Ia Mengucapkan apresiasi kepada kodim 0311/Pessel atas kegiatan Kemanuggalan TNI bersama masyarakat, bahwa kehadiran TNI khususnya Angkatan Darat (AD) dirasakan oleh masyarakat.

“Terima kasih kepada Kodim 0311/Pessel atas kalaborasi dan kerjasamanya. Tidak akan mungkin ada suatu keberhasilan tanpa hadirnya sebuah kebersamaan dijaman sekarang, tidak ada lagi kesuksesan bisa diraih dengan cara individualistik, tapi seluruh kesuksesan dapat kita raih bersama untuk berkelanjutan.” Tutupnya

(Maengki Arwan)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini