Prajurit TNI Goro Bersama Masyarakat Bersihkan Lapangan, Pasca Upacara Pembukaan TMMD-121

Newslan.id -Pesisir Selatan/ Sejumlah prajurit TNI dan masyarakat melakukan kegiatan Goro bersama pasca Kegiatan Upacara pembukaan TMMD yang berlangsung di Lapangan Nagari Lagan Mudiak Punggasan Kecamatan Linggo Sari Baganti, Pesisir Selatan, pada Rabu (24/7/2024) kemarin.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan disekitar lokasi kegiatan TMMD, sekaligus bentuk tanggung jawab kepada Nagari yang telah meminjamkan lapangan untuk kegiatan upacara.

“Setelah pelaksanaan upacara, Prajurit dan masyarakat langsung bersama-sama membersihkan lokasi, mulai dari membuka tenda hingga memungut sampah, agar lapangan dapat langsung digunakan untuk aktivitas lainnya. Ini sebagai bentuk tanggung jawab, sekaligus ucapan terima kasih kepada Nagari yang telah memberikan izin untuk menggunakan lokasi,” ujar Pasiter Kodim 0321, Kapten Sutikno.

Menurut Ronal (32) salah seorang warga, aksi dari prajurit TNI tersebut patut diapresiasi, karena lapangan tersebut juga merupakan salah satu tempat warga setempat berkumpul, untuk melaksanakan olahraga ataupun sekedar menikmati sore hari.

“Lokasi ini juga salah satu titik kumpul warga setiap harinya, seperi main bola ataupun olahraga, atau hanya sekedar menikmati sore, setelah dari kebun. Dengan adanya aktivitas Goro setelah upacara (TMMD), masyarakat langsung dapat kembali memakai lapangan ini dan langsung bersih, kami sangat mengapresiasi hal tersebut,” ungkapnya.

Kegiatan TMMD ke-121 di Kabupaten Pesisir Selatan akan berlangsung selama 30 hari mulai tanggal 24 Juli sampai dengan 22 Agustus 2024 dengan menyasar pembangunan fisik dan non-fisik.

Untuk sasaran fisik yang dimaksud yaitu pembukaan jalan usaha tani, dan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 5 unit bantuan dari Baznas Provinsi Sumbar dan Baznas Kabupaten Pessel, serta pembangunan satu unit Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH) untuk Warakawuri bantuan KASAD.

Baca Juga :   Jelang Operasi Gempur Rokok Ilegal, Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal Berhasil Diamankan Bea Cukai Batam

Sedangkan sasaran non-fisik yaitu penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan pertanian, penyuluhan pendidikan, penyuluhan kamtibmas, penyuluhan narkoba, penyuluhan keagamaan, penyuluhan KB Kesehatan, penyuluhan perikanan/peternakan, penyuluhan lingkungan hidup dan kehutanan, penyuluhan PKK, penyuluhan pelayanan publik dan kependudukan, penyuluhan bahaya terorisme dan radikalisme, penyuluhan protokol kesehatan, penyuluhan stunting, penyuluhan posyandu dan posbindu, penyuluhan bahaya judi online.

Sedangkan dana pelaksanaan TMMD ini berasal dari anggaran APBD Provinsi Sumatera Barat dan APBD Kabupaten Pesisir Selatan dengan total Rp 1.000.000.000,. Selain itu, kegiatan ini melibatkan masyarakat secara langsung pada pelakasanaannya.

(Maengki Arwan)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini