Tokoh Lengayang Apresiasi Bupati Rusma Yul Anwar, Menyerahkan 2 Unit Ambulance Kepada Puskemas Lengayang

Newslan.id-Pesisir Selatan/ Tokoh Lengayang, Pesisir Selatan, Yul Herman mengapresiasi Bupati Rusma Yul Anwar yang telah menyerahkan Dua unit mobil ambulance kepada Puskesmas Kambang untuk meningkatkan pelayanan masyarakat wilayah setempat agar terwujudnya pasisia rancak

Ambulans diserahkan langsung oleh Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar kepada Kepala Pukesmas Kambang, Yasmartinis, Jumat (5/7/2024). di halaman Kantor Camat Lengayang

Pada kesempatan itu, Rusma didampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Intan Novia Fatma Nanda. Turut hadir Camat Lengayang Alpriyendri, Forkompimca, MUI, Wali Nagari dan tokoh masyarakat setempat.

Yul Herman mengungkapkan, Kecamatan Lengayang memang kekurangan mobil ambulance untuk kebutuhan masyarakat terutama melancarkan pelayanan pasien rujukan.

Ia menyebutkan, keberadaan mobil ambulans sangat dibutuhkan untuk mobilisasi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan. Sebab, Lengayang merupakan kecamatan dengan penduduk terpadat dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati yang telah memberikan bantuan mobil ambulance. Kerena mobil ambulans ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat kami di sini (Lengayang). Lengayang merupakan kecamatan dengan penduduk terpadat,” ungkap Yul Herman.

Sementara itu, Camat Lengayang, Alpriyendri dalam sambutannya menyampaikan, selain mobil ambulans, masyarakat juga membutuhkan gedung Puskesmas Kambang yang lebih representatif. Gedung Puskesmas yang ada saat ini, kata dia, perlu direhab agar menghadirkan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat.

Selain itu, ia juga berharap di tahun mendatang, ada bantuan ambulans juga untuk Puskesmas Koto Baru.

“Karena pasien yang paling banyak adalah di Puskesmas Koto Baru,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pesisir Selatan (Pessel), Intan Novia Fatma Nanda menyampaikan, acara serah terima mobil ambulans dari Pemkab kepada Puskesmas Kambang juga diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya donor darah dan senam sehat.

Baca Juga :   Iwan Setiawan Resmi Jadi Bupati Bogor Pasca Dilantik Gubernur Jabar

Ia memastikan bakal melakukan pembangunan berkelanjutan dalam pelayanan kesehatan di Kecamatan Lengayang. Salah satunya dengan memastikan masyarakat menjadi peserta BPJS Kesehatan.

“Harus memiliki kesadaran untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Kalau tidak mampu silakan datangi PSM untuk mendapatkan subsidi iuran BPJS Pemda,” katanya.

Intan mengungkapkan, saat ini lebih dari 6.000 masyarakat Lengayang telah difasilitasi pemerintah menjadi peserta BPJS Kesehatan dengan subsidi iuran dari pemerintah.

Selain itu, pihaknya juga memastikan akan menyediakan mobil ambulans yang layak untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

“Hanya Puskemas Kambang satu-satunya yang difasilitasi mobil ambulans sebanyak dua unit,” Sebutnya.

Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar dalam sambutannya mengatakan, sebagai pihak yang menerima program dari pemerintah pusat ia hanya berkewajiban menyerahkan kepada masyarakat.

“Ini merupakan suatu kolaborasi dari semua pihak, kita berjalan tidak sendiri, karena tanpa adanya dukungan dari OPD maka tidak akan membuahkan hasil,” kata dia.

Rusma Yul Anwar menjelaskan, dalam perjuangannya memperoleh bantuan ambulans tidak terlepas dari lobi kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Akhirnya Kemenkes mengabulkan, dengan satu dasar pertimbangannya, Pesisir Selatan (Pessel) merupakan wilayah paling luas dan nomor 3 terpadat penduduknya di Sumbar, dengan garis pantai terpanjang.

“Jadi, banyak upaya yang kita sampaikan guna mengejar program pemerintah pusat,” Ujarnya.

Ia berpesan agar masyarakat menggunakan mobil ambulans tersebut dengan sebaik-baik mungkin, agar bisa dipakai dalam waktu yang lama.

“Ambulans ini masuk dalam kategori premium, rawat, jaga dan dipelihara secara bersama,” Ucap Bupati Rusma.
(Maengki Arwan)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini