Pasca MOU Pemerintah Dengan Pihak Kontraktor-BBWS Laksanakan Sosialisasi Validasi Perifikasi Lahan Warga Terdampak Rencana Bendungan Ci Be’et

CARIU,BOGOR.NEWSLAN.ID-Pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) provinsi Jawa Barat bersama pihak Badan Pertahanan Nasional Kabupaten Bogor laksanakan sosialisasi kepada warga dari Dua Desa yang terdampak bendungan Cibe’et yaitu Desa Cariu dan Kutamekar. Acara tersebut digelar di Gom Cariu pada – Kamis 7/9/2023.

Rencana bendungan Cibe’et membutuhkan lahan yang tidak sedikit di Dua kecamatan yaitu Kecamatan Cariu dan Tanjungsari, kisaran luas lahan yang diperlukan hingga.1.700.26 ha.
Pada sosialisasi kali ini pihak BBWS – PUPR dan BPN menjelaskan kepada warga terdampak pihaknya akan adakan pengukuran lahan warga yang nantinya terkena rencana Bendungan Cibe’et.

“Menurut pihak BBWS nantinya akan ada Team SATGAS A yang akan melakukan Perifikasi Palidasi data lahan warga agar lebih akurat dan ketika hal itu sudah bisa dilakukan maka nantinya pengukuran lahan bisa epektif utamanya warga yang terdampak bisa mengikuti proses sehingga bisa kondusif dan berjalan lancar, tentunya akan mempercepat proses selanjutnya.

Sementara warga yang mengikuti acara tersebut meminta pemerintah agar transfaran utamanya masalah harga , karena menurut warga yang lahannya terkena Bendungan mengaku belum tahu soal harga selama ini.”Untuk Lokasi belum ada informasi harga permeternya berapa.”Kata warga

Kami sebetulnya tidak apa – apa lahan kami kena bendungan Cibe’et karena di butuhkan pemerintah , sebagai warga negara yang baik kita harus patuh kepada negara ( Pemerintah ) selagi itu kepentingannya untuk rakyat tidak apa – apa. kami mendukung tidak ada masalah sebetulnya. Kami mendukung adanya bendungan di Cariu mungkin nantinya bisa jadi ada wisata kami juga bisa ikut usaha kan begitu (7/9).

Sementara pihak BPN berharap di tahapan berikutnya yaitu pengukuran lahan bisa lancar dan kondusif. Adapun terkait harga kami tidak ada kewenangan untuk menjelaskan kepada warga masyarakat yang lahannya terkena Bendungan. Yang jelas tidak ada bahasa ganti rugi ,melainkan ganti untung. Tidak mungkin pemerintah menyusahkan rakyatnya saya rasa itu intinya kita semua berharap proses selanjutnya lancar.

Baca Juga :   Bupati Batanghari Diwakili Sekda Menghadiri Penanaman Padi Perdana

Hadir dalam acara tersebut.
Camat Cariu – Drs.Bang Bang Padmanegara.M.Si.

Danramil Koramil 08 Cariu.Kapten arm.Dudung Abdul Rojak bersama Anggota.

Kapolsek Cariu.Kompol.Victor G.
bersama Anggota.

(Marco)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini