Antisipasi Perubahan Iklim, Feby Oktavianto Tanam Mangrove Bersama Masyarakat di Pantai Pancelang Gadih

Newslan.id-Pesisir Selatan– Penanaman pohon mangrove adalah salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi potensi abrasi pada daerah pesisir pantai. Dengan semakin tingginya kesadaran akan pentingnya hutan mangrove maka akan semakin tinggi tingkat pelestarian alam yang bisa dilakukan.

Hal tersebut disampaikan Wali Nagari Air Haji Barat Feby Oktavianto dalam kunjungan kerjanya, melakukan kegiatan penanaman Mangrove bersama masyarkat di Pantai Pancelang Gadih Kampung Labuhan Tanjak Nagari Air Haji Barat Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan, Senin (31/8/2023), turut di hadiri oleh Perangkat Nagari dan Pihak Terkait.

Lebih lanjut Wali Nagari Air Haji Barat menambahkan, penanaman mangrove ini dilakukan dengan harapan dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, memperbaiki lingkungan pesisir dan memperbaiki habitat didaerah pantai yang diharapkan berdampak kepada peningkatan produksi ikan dan produksi hasil hasil laut lainnya salah satunya kepiting, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di pesisir pantai Nagari Air Haji Barat Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan.

Penanaman mangrove sepanjang bibir Pantai, seluas 5 Ha dan 5.000 batang lokasi di Pantai Pincalang Gadih Kampung Labuhan Tanjak Nagari Air Haji Barat. Penanaman mangrove tersebut melalui kerjasama pemerintah Nagari Air Haji Barat dengan Yayasan Gajah Sumatera melalui kelompok tani Pincalang gadih, Kata Wali Nagari Air Haji Barat.

Demikian selesainya penanaman pohon mangrove tersebut, Wali Nagari Air Haji Barat Feby Oktavianto, juga akan berupaya maksimal memberikan edukasi kepada masyarakat setempat, mengenai pentingnya pelestarian mangrove di sepanjang pantai.
“Untuk itu, diharapkan masyarakat dapat berperan aktif untuk menjaga dan melestarikan mangrove ke depannya,” tutupnya

Editor : Maengki Arwan

Baca Juga :   Pamitan, Jenderal Dudung Abdurachman Pimpin Apel Bersama Warga Mabesad
Mau Pesan Bus ? Klik Disini