RMMJ Bajubang Laut Pawai Obor Peringati 1 Muharram

Newslan.id – Batanghari. Ratusan orang pemuda yang tergabung dalam organisasi Remaja Masjid Miftahul Jannah (RMMJ) Desa Bajubang Laut, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari. Selasa malam 18 juli 2023, meriahkan malam Tahun Baru Islam 1445 Hijriah dengan pawai obor keliling kampung.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa ataupun tokoh agama serta masyarakat di desa setempat. Mereka tampak antusias berjalan kaki, sambil melantunkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Ketua Remaja Masjid Miftahul Jannah Desa Bajubang Laut Pirdana Atrio Putra, SE mengatakan, bahwa kegiatan pawai bernuansa islami seperti ini sudah menjadi tradisi tahunan yang mereka galakkan.

“Iya, Alhamdulillah ini kegiatan rutin yang kami laksanakan dalam setiap tahun. Kegiatan ini salah satu tradisi yang positif dari kami khususnya Remaja Masjid di Desa Bajubang Laut,” ujarnya.

Menurutnya, momentum tersebut juga sebagai bentuk rasa syukur masyarakat kepada Allah SWT, untuk mengawali tahun baru Hijriah ini menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Serta dapat menjadi semangat bagi generasi muda untuk selalu memahami sejarah dari setiap Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) yang dilaksanakan.

“1 Muharram ini merupakan salah satu momentum penting yang tertuang dalam kalender islam. Yakni merujuk pada peristiwa Hijrahnya Nabi Muhammad SAW bersama para sahabatnya dari Kota Mekkah ke Kota Madinah. Sehingga peristiwa sejarah ini perlu kita ingat sebagai umat muslim, apalagi generasi penerus,” kata Pirdana.

Pirdana juga mengatakan, kegiatan ini juga sebagai salah satu implementasi yang nyata dari mereka untuk direalisasikan. Sehingga keberadaan pemuda dapat dirasakan dan tentunya memberikan manfaat ditengah masyarakat.

“Kami ingin membuktikan, melalui kegiatan apapun dan wadah atau organisasi apapun. Pemuda khususnya di Desa Bajubang Laut, adalah generasi yang bisa diandalkan. Peran aktif pemuda adalah semangat yang menjadi kekuatan positif,” tegasnya.

Baca Juga :   Cegah Laka Lantas Jalur Magelang- Salatiga, Polres Magelang Lakukan Tiga Langkah Ini