Warga Kampung Cibeureum Desa Buang Jaya Panik Saat Mendengar Gemuruh Tanah Longsor Dan Pohon Tumbang Dari Gunung Dinding Ari

NEWSLAN.ID-Bogor-Warga kampung Cibeureum Rt.04/06 desa Buanajaya kecamatan Tanjungsari Bogor timur panik mendengar suara gemuruh dari tebing gunung Dinding Ari yang bersebelahan dengan gunung Sanggabuana longsor sekira pukul.02:30 Wib, dini hari pada Minggu malam 8/5/2023.

Menurut sejumlah warga menuturkan kejadian tebing gunung Dinding Ari longsor.” Yenti (33) mengatakan. Semalam kira kira jam 2 an saya sekeluwarga juga lagi tidur tiba tiba mendengar suara gemuruh kebetulan rumah saya dekat banget dengan lokasi longsor.”Ungkapnya.

Semetara proses Evakuasi 107 KK / 346 jiwa sedang di lakukan oleh pemerintah desa TNI – Polri – Pol PP Tanjungsari dan pihak BPBD kabupaten Bogor termasuk dari Dinas Sosial dan Kesehatan Tanjungsari.

Tidak ada korban jiwa dalam insidrn tersebut namun kerugian materi seperti lahan sawah 1,6’Ha termasuk kebun 3’Ha milik warga berikut 15 Unit rumah terkena longsoran, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Sudarjat kepala desa Buanajaya menuturkan.” Ya saya mendapat laporan dari warga juga dari pak Rt 04/06 bahwa semalam sekira pukul 02:30 dini hari telah terjadi tebing longsor yaitu tebing dari gunung Dinding Ari yang memang lokasinya pemukiman warga ada di bawah kaki gunung tersebut.”Tuturnya.

Lebih lanjut kepala desa Buanajaya.”Untuk tanggap darurat kami pemerintah desa bersama warga BPBD – Basarnas TNI – Polri juga Pol PP sedang meng Evakuasi harta benda warga untuk diamankan ketempat yang lebih aman. Kami juga dirikan tenda dan posko darurat.”Imbuhnya.

Pihak BPBD untuk sementara kami melakukan Evakuasi secara bersama pemdes TNI – Polri – Pol Pp Tanjungsari dan untuk langkah untuk langkah selanjutnya kami bersama team yang lain mengevakuasi warga supaya aman itu lebih penting untuk hal lain tentu harus ada Investigasi bersama untuk menentukan langkah selanjutnya untuk semetara itu saja”Tuturnya.

Baca Juga :   Penyaluran Kredit UMKM di Jateng dan DIY Capai 49,31%*, Lampaui Target Kredit UMKM Nasional

Ada yang janggal ( Ketua Apdesi ) Tanjungsari tidak nampak hadir.

(Mr.red-)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini