Mahapala Unnes Berhasil Kibarkan Bendera Merah Putih Di Pegunungan Himalaya , Saat Hari Sumpah Pemuda

 

Newslan.id – Semarang – Luar biasa semangat yang ditunjukkan mahasiswa aktivis Mahapala Universitas Negeri Semarang (Unnes) dalam momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. Mereka berhasil mengibarkan bendera Merah Putih pada puncak Gunung Island Peak yang merupakan salah satu pegunungan es di Himalaya.

Adalah Ahmad Dzulfikar mahasiswa jurusan Ilmu Geografi, Fakultas Ilmu Sosial Unnes dapat mencapai puncak Gunung Island Peak ketinggian 6189 MASL dalam kondisi sehat dan selamat. Dia didampingi alumni Mahapala Unnes, Priyo Handoko saat melakukan pendakian.

Pendakian yang dilakukan pada 11-19 Oktober 2022 ini merupakan salah satu dari ekspedisi internasional yang pernah dilakukan Mahapala Unnes. Kali ini ekspedisi bertajuk Spirit of Indonesian Youth Expedition V pada Puncak Gunung Island Peak yang terletak di Kathmandu, Nepal.

Adapun ekspedisi sebelumnya pada tahun 2009 Mahapala Unnes melakukan pendakian pada puncak tertinggi di Benua Afrika yakni Gunung Kilimanjaro.

Kemudian pada tahun 2011 juga melakukan pendakian pada puncak tertinggi di Benua Eropa yakni Gunung Elbrush, dan tahun 2013 juga melakukan pendakian pada puncak tertinggi Amerika Selatan, yakni Gunung Aconcagua. Selain itu di tahun 2015 Mahapala Unnes juga melakukan bakti sosial untuk Papua.

Untuk mencapai puncak Gunung Island Peak ini, Ahmad Dzulfikar harus melewati serangkaian latihan, baik itu latihan fisik maupun psikologis untuk menumbuhkan mental dan fisik yang kuat.

Dengan semangat juang yang selalu dia tanamkan di dalam hatinya dan dia tidak pernah lelah sedikit pun seperti pemuda bangsa Indonesia yang tak pernah lelah untuk mencetuskan hari lahirnya sumpah pemuda.

Ahmad Dzulfikar mengatakan keberhasilan pendakian ini berkat kerja keras, usaha, niat dan tekat yang kuat. “Keberhasilan saya untuk dapat mengibarkan bendera Merah Putih pada Puncak Gunung Island Peak ini tentunya tidak lepas dari doa dan dukungan keluarga serta tim pendukung ekspedisi Spirit of Indonesian Youth Expedition V,” kata Ahmad, Jumat (28/10/2022).

Baca Juga :   Arus Balik Mudik Lebaran 2024 Di Pelabuhan Penyeberangan Kuala Tungkal Terpantau Lancar

“Semoga dengan berhasilnya ekspedisi ini, Mahapala Unnes dapat terus mencetak prestasi-prestasi di kancah internasional,” katanya.(Khrisna)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini