Raih WTP 6 kali Berturut-turut, Bentuk Transparansi dan Akuntanbilitas Pemkot Semarang

 

Semarang – Newslan.id – Pemerintah Kota Semarang dibawah kepemimpinan Wali Kota Prihadi kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ini merupakan yang keenam kalinya secara berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah.
Pemberian WTP ke Pemkot Semarang atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2021.

Pemkot Semarang pertama kali mendapatkan predikat opini tertinggi dari BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah ini sejak pemeriksaan 2016 lalu.

Sebelumnya, Hendi sapaan akrab Hendrar Prihadi mampu mempertahankan opini WTP sebanyak lima kali beruntun atas LKPD tahun 2016, 2017, 2018, 2019, 2020.
Usai penerimaan opini oleh BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Hendi mengatakan bahwa WTP sejatinya merupakan sebuah keharusan dan kewajaran.

“Predikat WTP ini sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas Pemerintah Daerah dalam menyajikan laporan keuangan hasil kerja satu tahun yang direalisasikan dalam aktivitas pembangunan. Selain itu juga bentuk tanggung jawab Pemda kepada masyarakat dan warganya,” ungkap Hendi, Senin 23 Mei 2022.
Dirinya juga menyampaikan bahwa indikator kesuksesan pembangunan tidak hanya soal WTP.

Namun juga dalam esensinya ada hasil pembangunan yang tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat.
Hendi mengatakan, semua kesuksesan yang dicapai Pemerintah Kota Semarang bukanlah keberhasilan pemerintahnya saja.
Menurutnya, ini berkat konsep Bergerak Bersama yang didukung dan kerja sama yang baik dengan semua instansi daerah, masyarakat juga termasuk BPK.

“Sebagian besar orang menilai bahwa predikat ‘WTP’ merupakan indikator kesuksesan mutlak dalam pembangunan, sehingga sampai ada oknum yang menghalalkan segala cara agar memperoleh WTP.”

“Tapi ya menurut saya hal-hal negatif seperti itu harus dihindari. Setiap kepala daerah pastinya menginginkan wilayahnya semakin maju. Kita bisa sukses maju bersama dengan cara-cara lain yang Allah ridhoi,” tutur Hendi.

Baca Juga :   Didampingi Pakde Sukar, Cabup M Syukur Silahturahmi dengan H. Didit Tokoh Masyarakat Pulau Tujuh

Kini kinerja Pemerintah Daerah, menurut Hendi, ibarat ikan dalam akuarium kaca, semua sisi terlihat dan semua dapat memantau kinerja keuangan berikut capaian hasil pembangunannya.

Mau Pesan Bus ? Klik Disini