Berita  

Setelah 2 Tahun Tidak Diadakan , Festival Kupat Lepet Kembali Digelar Di Jepara

 

Jepara – Newslan.id – Setelah dua tahun diliburkan, Festival Kupat Lepat yang dihelat saat sepekan usai Lebaran akhirnya kembali digelar. Ajang ini berlangsung di kawasan Pantai Kartini Jepara.

Meski dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, gelaran itu tetap semarak. Terbukti banyaknya masyarakat yang datang. Geliat aktivitas warga pun sudah terasa sejak matahari baru menampakkan kilaunya.

Tak hanya orang tua, anak kecil pun tak ketinggalan menyumbang keriuhan. Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan kegiatan Festival Kupat Lepat hari ini Jumat (13052022) bisa berjalan dengan baik, dan warga masyarakat sangat antusias sekali,
Dituturkannya, festival tersebut sarat akan makna dan filosofi. Salah satunya adalah simbol mengaku salah dan memaafkan. “Ini tradisi budaya yang sangat luar biasa. Jadi dengan simbol itu bisa jadi tontonan juga tuntunan,” tuturnya.

Adanya dua gunungan yang terdiri atas susunan kupat dan lepat berjumlah 2022, menjadi salah satu perhatian pengunjung. Begitu doa dipanjatkan, lalu untaian janur yang mengelilingi gunungan dipotong oleh bupati, warga yang sudah tidak sabar langsung berebut mendapatkan. Tak berselang lama, kurang dari lima menit, kupat dan lepat ludes diserbu.
Anis Sulistiowati warga Desa Plajan, Kecamatan Pakisaji, mengaku sengaja bersama keluarga datang ke Pantai Kartini untuk festival ini. Selain demi sensasi kesenangan juga kebersamaan. “Sengaja kesini mau liburan dan menonton. Tiap tahun kesini dengan keluarga,” akunya.

Tak hanya sekedar berebut gunungan, masyarakat pun dimanjakan dengan beragam pementasan kesenian. Mulai dari kentrung, tari, hingga pencak silat.

Diketahui bahwa Festival Kupat dan Lepat tersebut, terangkai usai prosesi sedekah laut oleh masyarakat pesisir dari TPI Ujungbatu.(khr)

Baca Juga :   H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo Inisiasi Festival Line Dance di Nagari Guguak VIII Koto
Mau Pesan Bus ? Klik Disini