Semarak HUT IPEMI Ke 5, Lisda Hendrajoni Menggelar pre Launcing Batik Tingkuluak

 

SUMBAR-PADANG-NEWSLAN.ID-Ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Sumatera Barat, Lisda Hendrajoni menggelar pre Launching Batik yang ia sebut dengan Batik Tingkuluak. Kegiatan tersebut juga bertepatan dengan rangkaian HUT IPEMI yang ke 5 Kota Padang, bertempat di IBIS Hotel, Sabtu (19/8).

Lisda menyebut, ide memberi nama motif Batik Tingkuluak itu muncul saat foto dirinya yang memakai Tingkuluak dijadikan lukisan oleh salah seorang seniman asal Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

“Jadi ada salah seorang seniman yang membuat lukisan foto kami saat mengenakan Tingkuluak, dan terlihat sangat ciamik. Ya, dari situlah muncul ide untuk menamakan batik ini dengan Tingkuluak,” kata Lisda.

Selain itu, menurut anggota DPR RI asal Sumatera Barat ini, hal tersebut merupakan salah satu upaya pihaknya untuk melestarikan kembali budaya alam Minangkabau yang sudah mulai tergerus oleh peradaban zaman.

“Tingkuluak merupakan salah satu pakaian adat Bundo Kanduang Minangkabau yang dikenakan di kepala. Dengan adanya Batik Tingkuluak ini, kami berupaya melestarikan dan mengabadikan Tingkuluak ini kedalam motif Batik,” tuturnya.

Meski masih dalam suasana pre launching, Batik Tingkuluak sudah mulai diperkenalkan kepada masyarakat dan designer. Srikandi NasDem itu menyebut, pihaknya sedang menjalin kerjasama dengan salah seorang designer ternama di Indonesia, untuk turut memeriahkan kegiatan Launching yang bakal digelar dalam waktu dekat.

“Insya Allah jika tidak ada aral melintang, launching bakal kami laksanakan dalam tahun ini. Saat ini kami sedang menjalin hubungan kerjasama dengan designer ternama. Nantinya bakal kami tampilkan keseluruhannya pada event tersebut,” ujarnya.

Diketahui, selain Batik Tingkuluak, Lisda Hendrajoni sebelumnya juga pernah mempromosikan sejumlah batik lainnya asal Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, bahkan hingga mancanegara, seperti Batik Mande Rubiah, Batik Loempo, dan Batik Korona.

Baca Juga :   Silahturahmi Pembina DPC GWI (Gabungan Wartawan Indonesia)

(Maengki/Newslan.id)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini