Berita  

Kota Semarang Terpilih Jadi Kota Terinformatif di Jateng

Semarang – Jelang akhir tahun 2021, Pemerintah Kota Semarang kembali memperoleh penghargaan. Kali ini KIP Provinsi Jawa Tengah menganugerahkan penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 2021 yang diserahkan kepada wali kota Semarang yang diwakili Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin beberapa waktu lalu.

Tidak tanggung-tanggung, Pemerintah Kota Semarang mendapatkan dua penghargaan sekaligus, yakni untuk kategori Kota “Informatif” dalam menyampaikan, menyediakan, dan menguasai informasi publik, serta penghargaan “Adikarya Tinarbuka” atas konsistensi menjadi badan publik dalam keterbukaan informasi.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menyampaikan ucapan selamat kepada para penerima penghargaan. Dirinya berharap roh keterbukaan juga sampai di tingkat kecamatan dan desa.“Dengan keterbukaan tersebut, semoga slogan Jateng sejahtera, berdikari, tetep mboten korupsi, mboten ngapusi dapat terus terwujud,” ujar Gus Yasin.

Taj Yasin juga menegaskan bahwa keterbukaan bukan hanya di lingkup pemerintahan saja, namun dirinya mengajak agar keterbukaan itu sampai di masyarakat sehingga dalam pengurusan segala hal bisa lebih mudah dan tidak berbeli.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Sosiawan menyampaikan, KIP Award tahun 2021 memiliki beberapa keistimewaan. Antara lain berlangsung di tengah pandemi yang belum tahu kapan berakhir dan uji publik pun dihadiri pimpinan badan publik secara pribadi.

“Serta berada pada situasi dan kondisi informasi publik banyak sekali yang tidak mendukung kualitas informasi dibutuhkan publik. Maka di sinilah pentingnya badan publik menjadi agen-agen kebenaran informasi. “Karenanya Kami sangat menyambut baik pejuang informasi publik berkualitas. Karena mereka menampilkan informasi yang positif,” ujarnya.

Usai menerima penghargaan, mewakili Pemerintah Kota Semarang, Iswar Aminuddin mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas penghargaan yang diberikan KIP Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga :   Kasat Binmas AKP Mardonna Lamtio, S.Pd : Kita Akan Optimalkan GERCEP (Gerak Cepat) Setiap Pelaksanaan Tugas.

“Pemkot Semarang mengucapkan terima kasih atas penghargaan KIP Award tahun 2021. Pemerintah kota Semarang meyakini bahwa keterbukaan informasi publik merupakan roh pembangunan. Dari sini masyarakat bisa menyampaikan masukan, kritik secara terbuka kepada Pemerintah, sehingga hal tersebut bisa mendukung kemajuan Kota Semarang,” terang Iswar.

Iswar berharap, penghargaan tersebut akan semakin memotivasi jajarannya untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (Khrisna)