TUPOKSI Personil piket PLN 24 Jam tanpa batas

 

Jambi – Merangin – Newslan-id. Banyaknya jurusan yang padam pada malam ini di akibatkan gangguan pohon dan kabel JTM (jaringan tegangan menengah) yang jatuh, ranting,daun yang terbang di bawa angin akibat hujan deras malam ini, Jumat (18/03/2022)

Seluruh petugas piket di unit masing-masing kantor jaga Tambang emas,Siau, Masurai, Sungai manau, Rantau panjang, Hitam hulu kelabakan malam ini.

Saat tim newslan menghubungi via telpon kepala PLN Bangko Zera Fitrizon yang turun langsung mengawasi petugas dilapangan dalam keadaan hujan, beliau memohon maaf malam ini banyak sekali gangguan.

Zera Fitrizon menjelaskan TUPOKSI masing-masing unit kantor jaga mempunyai peran besar untuk mengatasi dan mengamankan apabila ada temuan di lapangan harus melaporkan terlebih dahulu ke Operator Bangko.

Saya jelaskan ungkap Zera Fitrizon,SOP kita seperti ini : apabila trip/padam jurusan sungai Manau, Personil Sungai Manau harus berkomunikasi terlebih dahulu ke Operator Bangko langkah apa yang harus di ambil terlebih dahulu.

Di sini ada beberapa tahapan dari Gardu induk (GI) dan Gardu hubung (GH) untuk masing-masing jurusan,

Kita melihat indikasi nya di layar monitor gardu hubung indikasi nya sebesar apa gangguan tersebut,kalau gangguan nya kecil kita bisa tes satu kali dan apabila indikasi nya besar.

Dan personil piket harus menyisir terlebih dahulu jaringan tersebut sampai ke ujung agar benar-benar aman dan kondusif baru personil dilapangkan menginformasikan ke Operator bahwa jaringan benar-benar aman dan siap untuk di tes (hidupkan) kembali,

Dan kalau ada temuan gangguan pohon, binatang dan lain-lain, Personil tersebut harus mengamankan terlebih dahulu,

Itulah sering gangguan padam durasi nya bisa sampai lama,karna kita menjaga jaringan dan petugas di lapangan benar-benar aman.

Baca Juga :   Ingin Tetap Bugar dan Tetap Strong, Yuk Intip Tips Ala Kasi Humas Polres Lampung Selatan

Tidak semudah itu apabila trip (padam) kita langsung menghidupkan nya kembali,kita selalu monitor di layar gardu hubung terlebih dahulu tidak langsung di tes untuk cepat normal kembali,kita tidak tahu kalo ada kabel JTM putus nanti nya di jalan dan bisa membahayakan nyawa manusia pengguna jalan dan masyarakat di sekitar lokasi itulah SOP kami ucap Zera Fitrizon.

Dan kami mohon juga kepada masyarakat untuk informasi nya apabila ada temuan atau melihat jaringan, kita putus atau ada ledakan cepat hubungi kami,karna itu sangat membantu untuk percepatan petugas kita menindak lanjuti nya.

Kepada masyarakat juga mohon di ikhlas kan tanam tumbuh nya untu kita bersihkan dan amankan dari jaringan PLN,karna masih banyak nya masyarakat yang belum mengijinkan tanam tumbuh nya untuk kita tebang yang dekat sekali dengan jaringan PLN karna sangat membahayakan keselamatan jiwa manusia di sekitar lokasi tersebut.

Saat tim Newslan-id menanyakan langsung kesalah satu warga Luhak 16 daerah siau (toni) beberapa hari yang lalu, beliau mengatakan Alhamdulillah sekarang jauh sekali perubahan untuk pasokan listrik di daerah kami sudah jarang sekali mati semenjak pohon-pohon banyak di tenang dan di bersih kan petugas PLN, yang dulu nya tiap hari mati sekarang luar biasa dengan kinerja kepala PLN baru ini ucap Toni.

Adalah seminggu itu cuma beberapa kali mati sekarang itu wajar kita menyadari nya kadang cuaca yang ekstrim,Pak Zera terus berkomunikasi dengan kami di group apabila ada gangguan ataupun ada jadwal perbaikan dan pembersihan.Bravo PLN sudah memberikan perubahan untuk wilayah kami.(team)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini