Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad Semakin Exsis Dan Menjamur di Kota dan Kabupaten Blitar

Newslan-id (Blitar) – Delapan belas tahun yang lalu sekelompok pemuda mempunyai gagasan dan ide ingin memajukan kampungnya dengan prestasi untuk mengangkat perekonomian warga sekitar,dari beberapa orang pecinta Alam yang terkabung dalam organisasi Karang Taruna dan mereka menamakan nya Puspa Jagad. (15/07/24).

Dari bulan berganti tahun dari kegagalan dan perjuangan akirnya Puspa Jagad mulai menampakkan Prestasinya baik tingkat daerah provinsi ataupun Nasional berhasil di boyong oleh sekelompok pemuda Desa Semen Kecamatan Gandusari Kabupatan Blitar.

Terletak di Jl. Nanas Dusun Tegalrejo Desa Semen adalah pusat kegiatan dari Kampung Ekologis (KWE) Puspa Jagad, Kampung Wisata Edukasi (KWE) Puspa Jagad adalah tempat wisata yang cocok untuk wisatawan yang jenuh dan butuh liburan ramai ramai bersama teman maupun keluarga.

Menghabiskan waktu bersama sama dengan mencoba wahana outbound yang cukup lengkap di KWE Puspa Jagad pastilah menjadi hal yang asyik untuk dilakukan, tempat wisata ini menyediakan berbagai macam permainan dan edukasi untuk para wisatawan.

Fasilitas permainan yang disediakan antara lain Hiking track, fun game, flying fox, high rope dan lain-lain. Terdapat pula berbagai jenis edukasi atau pelatihan seperti edukasi sapi perah, edukasi pengembangan kelinci, edukasi anggrek alam, edukasi pisang dan edukasi pembuatan penjor. Keindahan alam Kampung Wisata Puspa Jagad juga tidak kalah menarik.

Selain untuk wahana wisata Puspa Jagad Juga sebagai Bumi perkemahan untuk siswa siswa baik dari tingkat sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi seperti yang baru saja di laksanakan pada hari Sabtu 13 Juli 2024 kemari yaitu Orientasi Lapangan dan Bimtek peningkatan kapasitasTTP, PKK dan LPMD dari Desa Miri Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri, yang di ikuti sekitar 50 peserta itu mendengarkan dengan khitmat paparan yang di sampaikan oleh salah satu pendiri dari KWE Puspa Jagad yaitu Eko wihadi S.S.,M.Pd atau yang lebih akrab di panggil mas eko.

Baca Juga :   Polsek Batangan Gerak Cepat Bantu Warga Ketitangwetan Terdampak Banjir.

Setelah mengikuti bimtek para peserta menikmati makan siang yang di sediakan dengan konsep pedesaan dengan mengusung kearifan lokal setelah selasi menikmati hidangan seluruh peserta mengikuti kunjung lapangan yang di pandu oleh mas Agum dan crew puspa jagad lainya.

Kepada team Newslan.id Kristian Agum Dwi Sayogo S.H menuturkan, “bahwa di bulan ini hingga Bulan depan masih banyak kegiatan kegiatan Outbound dan pelatihan serta kemah yang sudah terjadwal di sekretariat Puspa Jagat”, tuturnya.

Dan di akhir perbincangan agum juga mengatakan, “bahwa karena padatnya jadwal di Puspa Jagad maka untuk instansi yang ingin melakukan kegiatan disini harus reservasi dulu”. pungkasnya. (D susanto )

Mau Pesan Bus ? Klik Disini