Miris Kesan Pembiaran, PJU Sepanjang Jalinsum Desa Muara Belengo dan Jelatang Mati Sudah 3 Bulanan.

Newslan-id Merangin. Lampu jalan atau dikenal juga sebagai Penerangan Jalan Umum (PJU) merupakan lampu yang digunakan untuk penerangan jalan dimalam hari sehingga mempermudah pengguna jalan melihat dengan lebih jelas jalan yang akan dilalui pada malam hari, sehingga dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas dan keamanan.

Fungsi utama lampu penerangan jalan umum (PJU) adalah memberikan pencahayaan buatan bagi pengguna jalan sehingga mereka merasa aman dalam melakukan aktivitas perjalanan di malam hari.

Lampu Penerangan Jalan Umum merupakan barang-barang elektronik yang rentan atau dapat dikatakan memiliki umur pakai yang pendek, sehingga kegiatan perbaikan dan pemeliharaan mutlak dibutuhkan. Perbaikan dapat meliputi perbaikan jaringan, penggantian lampu yang mati, atau pun pengecekan kondisi PJU.

Seringkali kita menjumpai lampu yang menerangi jalan raya mati atau bahkan tidak berfungsi. Tentunya hal ini dapat membahayakan pengendara maupun orang yang akan menyeberang jalan. Karena jalanan yang gelap rawan terjadinya kecelakaan. Apalagi sekarang ini memasuki bulan puasa Ramadhan, masyarakat banyak melakukan aktivitas di malam hari.

Lampu penerangan jalan sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 27 Tahun 2018 tentang Alat Penerangan Jalan. Tujuannya untuk mengoptimalkan fasilitas perlengkapan jalan agar terwujud keselamatan dan keamanan bagi pengguna jalan. Oleh karena itu, jika menjumpai lampu jalan yang mati, sekarang bisa lapor ke Dinas Perhubungan (Dishub). 

Seperti halnya yang terjadi di sepanjang Jalinsum antara desa Muara Belengo sampai desa Jelatang kecamatan Pamenang kabupaten Merangin Jambi, PJU sudah mati kurang lebih 3 bulan belum ada tindakan dari pihak terkait yaitu dinas Perkim kabupaten Merangin.

Tim media Newslan-id menghubungi M Yunus Plt. Dishub Merangin melalui telepon WhatsApp sampai berita ini dirilis belum ada respon.

Baca Juga :   GM Terkesan Emosi : Dikonfirmasi Awak Media Terkait Transparansi SLO dan Gambar Instalasi Listrik Gedung PLN UIW S2JB, GM Terkesan Emosi

Saat beberapa waktu lalu tim media Newslan-id menghubungi Dedi Candra Kadis Perkim kabupaten Merangin melalui telepon WhatsApp menyampaikan, 

“Betul memang informasi yang diberikan itu Pak…alokasi anggaran terbatas”ucapnya 

“Kami akan berkoordinasi dengan Balai Perhubungan Darat Jambi, Siapa tahu titik PJU untuk tahun ini bisa disana Pak…PJU tenaga surya yang dari Balai sangat terang Pak” tutupnya.

Selain itu tim media Newslan-id juga menghubungi Mukti Said PJ Bupati Merangin melalui telepon WhatsApp.

“Baik..pak..nanti saya perintah Asisten II, terima kasih atas infonya “jawabannya.(red)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini