Tanggapan Kepala PDAM Sarolangun Atas Tagihan PDAM Yang Tidak Wajar dan Air nya Tidak Bisa Digunakan

Sarolangun, Newslan.id. Kepala PDAM Sargawi. menyampaikan penyebab air keruh, bisa disebabkan keran sudah lama tidak dibuka adanya endapan yang tidak mengalir sehingga saat dibuka airnya menjadi keruh. jika sudah berjalan normal tentunya air tersebut akan jernih sendiri.
Besar atau tidaknya tagihan tidak lepas dari pemakaian. Semakin sering dipakai, semakin besar biayanya. Hal ini bisa juga disebabkan karena kerannya rusak. jumat (24/3/2023)

Kepada media ini Kepala PDAM Sargawi mengatakan.
Sebaiknya ketahui penyebab pastinya. Apabila penyebabnya karena adanya pipa yang bocor, kamu tidak perlu khawatir karena pembengkakan tersebut cuma sementara. Setelah diperbaiki, tagihan air kembali seperti semula dengan catatan bila pemakaian tetap sama.

disambungnya,
Adanya kebocoran yang tidak diketahui
Dalam beberapa kasus, membengkaknya tagihan dan pipa saluran air yang membuat puluhan liter air terbuang sia-sia. Jika tagihan air membengkak selama tiga bulan berturut-turut, sebaiknya cek pipa saluran air. JIka terjadi kebocoran, kamu bisa segera perbaiki agar membengkaknya tagihan tidak terjadi lagi pada bulan selanjutnya. 

Ditambahnya,Jika tagihan air tetap membengkak padahal sudah dilakukan pengecekan dan perbaikan, kemungkinan besar penyebabnya adalah PDAM sendiri. Misalnya, kesalahan pencatatan pada meteran air atau rusaknya meteran air. 

Jika benar demikian, sebaiknya laporkan kepada pihak PDAM agar masalah ini segera ditindaklanjuti. Sebelum adanya tindak lanjut, sebaiknya jangan membayar tagihan air dulu jadi kamu tidak rugi. 

Selain karena tiga hal di atas, membengkaknya tagihan air bisa terjadi karena kelalaian saat melakukan pembayaran. Tagihan biasanya jatuh tempo pada tanggal 20 setiap bulannya. Jika melebihi batas waktu, maka tagihan dikenakan denda dalam jumlah tertentu. 

Mulai dari sekarang, coba bayar tagihan air secara tertib.
Matikan keran setelah digunakan

Baca Juga :   Andi Pengrajin Bordir Manual Sejak Tahun 2005.

Upaya pertama untuk mengatasi tagihan PDAM yang membengkak adalah mematikan keran air setelah dipakai. Misalnya saat mandi, sebaiknya nyalakan keran sewaktu kamu berada di kamar mandi sehingga airnya tidak tumpah. 

Banyak tidaknya pemakaian air dapat dicek melalui meteran yang ada di rumah. Guna menghindari membengkaknya tagihan PDAM, sebaiknya cek meteran air secara rutin. Jika ada keanehan, misalnya pemakaian yang tidak wajar, kamu bisa segera menghubungi dan melapor kepada pihak PDAM. Jika memang diperlukan penggantian meteran, ya segera diganti daripada tagihan terus-menerus membengkak.tutupnya

Newslan. (TIM)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini