Mentri Perhubungan Budi Karya Sumadi Tinjau Pelabuhan PT ASDP Cabang Bakauheni Pada H-I Libur Nataru 2022-2023.

LAMPUNG SELATAN Newslan.id 25/12/2022/ Menteri Perhubungan RI (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau angkutan arus mudik libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 pada H-I di Pelabuhan PT ASDP Cabang Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu (24/12/2022).

Dalam kunjungannya itu, Menhub Budi Karya Sumadi didampingi Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi, Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pol Firman Shantya Budi, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus dan beberapa pejabat lainnya sempat mendatangi para pengguna kendaraan roda dua dan roda empat di dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni yang hendak menyeberang menuju ke Pulau Jawa.

Tidak hanya itu saja, Menhub Budi Karya Sumadi juga sempat berbincang-bincang dengan beberapa pengguna kendaraan terkait perjalanan menggunakan jalur lintasan Penyeberangan Bakauheni – Merak.

Saat kunjungan itu, Menhub Budi Karya Sumadi meminta kepada pihak PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), agar selalu mewaspadai gelombang tinggi di perairan Selat Sunda dalam pelayaran pelayanan angkutan Nataru 2022-2023.

“Untuk memastikan pengguna jasa penyeberangan terlayani, pelayanan penumpang dan kendaraan memang baik juga penting jika dilakukan dengan cepat,” bebernya dihadapan para awak media di Dermaga VII Eksekutif Pelabuhan Bakauheni.

Akan tetapi, kata Menhub Budi, pelayanan yang cepat tentunya tidaklah harus mengabaikan faktor keselamatan penumpang yang jauh lebih penting.

“Terkait proses keluar masuk kendaraan, perlu dilakukan lebih cepat lagi. Dengan begitu, maka tidak terjadi adanya penumpukan kendaraan di dermaga pelabuhan,” ujarnya.

“Kami juga meminta, pihak PT ASDP Cabang Bakauheni untuk dapat mengamati dengan cermat dan mempersiapkan pelayanan terbaik ,”

Sementara Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi mengatakan” terima kasih atas koordinasi serta apresiasi kepada stakeholder, kami pastikan kordinasi lebih baik dari yang kemarin-kemarin nya terutama Kemenhub, TNI-Polri, Pemda setempat, bahwa bisa dilihat sosialisasi bersama pengaturan arus lalulintas yang baik sebelum masuk kepelabuhan sudah membuahkan hasil antara lain pengguna jasa sudah memiliki tiket kapal fery,”katanya.

Baca Juga :   DPD LPKNI Merangin Menerima Laporan Konsumen Dikarenakan Air PDAM Tirta Merangin Tidak Layak Konsumsi 

“Dengan sudah mempunyai tiket kapal fery itu sangat memudahkan petugas operasional di pelabuhan. Juga ia memohon maaf ada beberapa hal yang harus kami perbaiki terutama dalam menghadapi cuaca, arus air, angin yang berubah ubah kami akan berkoordinasi dengan BPTD. Kami akan memastikan, pengawasan proses bongkar muat kapal akan dilakukan lebih waspada lagi. Selain itu, kami berkoordinasi dengan pihak BMKG mengenai kondisi cuaca di perairan Selat Sunda,”

Ditempat yang sama Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus juga menambahkan” kami Polda Lampung dan jajaran segera menindaklanjuti arahan Bapak Mentri Perhubungan serta berkoordinasi dengan semua unsur stakeholder terkait.

“Untuk memberikan pelayanan terbaik perlindungan kepada masyarakat yang akan merayakan Natal maupun Tahun baru,” pungkas Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus.: (Ardiyanto)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini