Permintaan Avtur di Solo Akhir Tahun Diprediksi Meningkat Capai 16KL/Hari

Newslan.id – Boyolali – Kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) avtur diprediksi meningkat saat momen liburan akhir tahun 2022. Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Adi Sumarmo di Boyolali, Jawa Tengah memperkirakan, penyaluran bisa mencapai 160 kiloliter (KL) per hari.

Kepala DPPU Adi Sumarmo, Tengku Nazwar Kusyamsah mengatakan, dari lima tangki timbun dengan total kapasitas 900 KL pihaknya siap memenuhi kebutuhan saat momen libur Natal dan Tahun Baru.

‘’Saat ini ketahanan stok yang dimiliki oleh DPPU Adi Sumarmo rata-rata mampu bertahan hingga 18 hari. Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya kalau peak season seperti Natal dan Tahun Baru penyaluran kami bisa mencapai 160 KL per hari,” kata Nazar.

Saat ini permintaan avtur melalui DPPU Adi Sumarmo di kisaran 20 KL per hari. Sedangkan, di masa normal atau sebelum pandemik COVID-19 permintaan avtur bisa mencapai 60 KL per hari.

Nazwar menjelaskan, kondisi penyaluran harian pun berbeda jika ada musim haji. Permintaan avtur pada momen tersebut bisa mencapai 60 KL per hari.

‘’Selain permintaan, kebutuhan setiap unit pesawat tidak sama antara satu dengan yang lain, tergantung jarak yang ditempuh. Meski demikian, untuk penerbangan di Pulau Jawa rata-rata setiap pesawat hanya mengisi 3 KL,’’ jelas Nazar.

Saat ini DPPU Adi Sumarmo melayani sejumlah maskapai antara lain, Lion Air, Garuda Indonesia, dan Air Asia.

Untuk diketahui, avtur yang disalurkan pada pesawat yang singgah di Bandara Adi Sumarmo tersebut dikirim dari Fuel Terminal Rewulu yang sebelumnya diambilkan dari Kilang Cilacap. Selanjutnya, BBM tersebut dikirim melalui jalur rel kereta ke DPPU Adi Sumarmo.
Nazwar menambahkan, proses pengiriman dari Cilacap ke Rewulu rata-rata membutuhkan waktu tidak sampai satu hari. Sedangkan, dari Rewulu ke Adi Sumarmo hanya membutuhkan waktu satu jam.

Baca Juga :   Jaksa Agung Peringatan Tegas Kepada Pegawai Kejaksaan di Pusat Hingga Daerah

‘’Di sini penugasan kami untuk menerima, menimbun, dan menyalurkan. Adapun, stok selalu aman,’’ kata Nazar.(Khrisna)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini