Edukasi Rupiah, Bank Indonesia Jawa Tengah Ikut Serta Dalam Semarang Flowers Festival 2022

Newslan.id – Semarang – Kendaraan berhias aneka bunga berbagai tema menyemarakkan Semarang Flowers Festival 2022.

Bank Indonesia Jawa Tengah turut serta berpartisipasi dalam Semarang Flowers Festival 2022 dengan kendaraan bunga bertema kuliner dengan tiga unsur.

Kendaraan bunga ini menampilkan kemegahan gedung Bank Indonesia, angkringan dan alat pembayaran.

Kepala Bank Indonesia Jawa Tengah Rahmat Dwisaputra mengungkapkan, event parade bunga ini merepresentasikan keberagaman Kota Semarang.

Kuliner menjadi sesuatu yang sangat populer dan digemari masyarakat dan lewat tema tersebut, Bank Indonesia sekaligus mengedukasi Rupiah sebagai alat pembayaran.

Dengan Rupiah sebagai alat pembayaran yang sah dalam bertransaksi di spot kuliner kaki lima angkringan ini, diharapkan bisa mengedukasi masyarakat.

Edukasi alat pembayaran ditekankan pada penggunaan Rupiah secara tunai dan non tunai.

Secara tunai BI memperkenalkan Uang Rupiah Tahun Emisi 2022 dengan 7 lembar pecahan uang kertas dengan desain dan warna yang lebih indah, bahan yang lebih tahan lama, dan lebih aman dari pemalsuan.

Selain itu BI juga menggelorakan Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah (CBP Rupiah) untuk meningkatkan literasi masyarakat terhadap Rupiah.

Caranya dengan selalu memperlakukan Uang Rupiah dengan baik, menggunakan Uang Rupiah untuk setiap transaksi, dan membelanjakan Uang Rupiah dengan bijak demi mewujudkan NKRI yang berdaulat.

BI juga terus berupaya mendorong transksi digital di masyarakat dengan memperkenalkan kanal permbayaran QRIS yang CEMUMUAH (cepat mudah murah aman dan handal).

Transaksi melalui QRIS dapat dilakukan dengan Mobile Banking dan E-wallet manapun yang menunjukan interoperabilitasnya.

Sebagai salah satu bentuk user experience scan QRIS, masyarakat/penonton dapat berdonasi melalui scan QRIS yang dibawa defile sepanjang rute parade dan berkesempatan mendapatkan kuliner angkringan.

Baca Juga :   Tabir Menjadi Sasaran Serbuan Vaksinasi Tim Mobille Berikutnya

Melalui kegiatan ini, BI berharap program edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah (CBP Rupiah) dapat tersampaikan kepada seluruh masyarakat Jawa Tengah.

Dengan begitu akan menumbuhkan sikap positif dalam memperlakukan uang Rupiah dengan bermodalkan rasa cinta yang besar diimbangi dengan perilaku bangga dan paham rupiah secara lebih luas.

Selain itu penggunaan transaksi non tunai juga diharapkan meningkat seiring dengan pemahaman mayarakat terhadap interoperabilitas QRIS.

Di Jawa Tengah saat ini tercatat jumlah merchant QRIS per September 2022 mencapai 2.238.463 atau tumbuh 83,72 persen (ytd).

Volume transaksi QRIS sebesar 4,909,854 transaksi per Agustus 2022.

Nominal transaksi QRIS mencapai Rp389,5 miliar per Agustus 2022.

Dan pengguna QRIS sudah sebanyak 2.712.204 per September 2022.

Semarang Flowers Festival 2022 sendiri dilaksanakan pada 30 Oktober 2022 dengan dimeriahkan parade 20 kendaraan.

Aneka bunga dengan hiasan bertema etnis, kuliner, landmark dan dolanan tradisional mewarna perhelatan tersebut.

Semakin menambah kemeriahan acara, parade diikuti defile berkostum serba bunga para peserta dari berbagai instansi(Khrisna)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini