GEDUNG KAMPUS UNIVERSITAS SAROLANGUN MIRIS, DIBIARKAN TERBENGKALAI BEGITU SAJA

Newslan-Id Sarolangun Jambi. Dari berbagai sumber informasi yang dihimpun, Universitas Jambi Kampus Sarolangun adalah Kampus UNJA yang terletak di Kabupaten Sarolangun tepatnya di jalan lintas Sumatera Desa Rantau Tenang Kecamatan Pelawan. 

Kampus ini sudah berdiri dan resmi diakui oleh dirjen dikti (Direktorat jenderal pendidikan tinggi) pada tanggal 16 april tahun 2007. Kampus ini berdiri hasil kerjasama antara Universitas Jambi dengan Pemerintah Daerah khusus Kabupaten Sarolangun.

Kita ketahui bersama bahwa tujuan utama universitas adalah mendidik siswa untuk memahami dunia mereka secara kreatif dan konstruktif.

Tapi sayangnya, gedung Kampus Unsar Sarolangun ini tak ada lagi aktivitas belajar mengajar. Mirisnya, dibiarkan terbengkalai begitu saja, hal tersebut tampak dari bangunan yang sudah tidak terurus.

Sebelumya pantauan media ini secara langsung di lokasi gedung Kampus, Selasa, 10/8/2024, yang sudah dirilis di pemberitaan media online indopubliknews, terlihat bangunan terbengkalai dan ditutupi rerumputan liar yang meninggi. Beberapa kaca jendela sudah pada pecah, begitu juga dengan pintu, atap sudah ada yang rusak.

Dalam pantauan terbaru Jumat 13/9/2024 NEWSLAN TV di lokasi
Bangunan yang dulunya megah dan penuh dengan aktivitas belajar mengajar. Namun, entah karena alasan apa, Kampus ini akhirnya ditinggalkan dan dibiarkan terbengkalai. Sejak saat itu, kampus ini berubah menjadi tempat yang sunyi sepi dan penuh cerita.

Jika dilihat dari bangunan gedung Kampus ini, diperkirakan menelan anggaran Miliaran rupiah dengan perhitungan nilai rupiah saat ini. Belum lagi mungkin didalamnya ada pasilitas pendukung lainnya seperti laboratorium dan lain sebagainya.

Diketahui pembangunan Gedung Kampus ini adalah biaya yang dianggarkan dari APBD Kabupaten Sarolangun, dan di kabarkan saat ini  menjadi aset Daerah Kabupaten Sarolangun.

Baca Juga :   Petani Pinang Keluhkan Harga Turun Drastis.

Pemerintah Kabupaten Sarolangun seharusnya mengambil tindakan yang tegas, bukan justru membiarkan begitu saja terbengkalai ditelan usia. Atau jangan-jangan Kampus tersebut saat ini sedang dirundung masalah.

Kampus Unsar Sarolangun yang seharusnya menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Sarolangun kini sirna dari harapan.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti apa yang akan menjadi nasib Kampus ini terbengkalai. Apakah akan dirobohkan, direnovasi, atau dibiarkan begitu saja? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Komarsyah
Haryono

Mau Pesan Bus ? Klik Disini