Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Bupati Rusma Yul Anwar Salurkan Bantuan Mesin dan Cool Box Pada 47 Kelompok Nelayan di Pessel

Newslan.id–Pesisir Selatan–Kabupaten Pesisir Selatan merupakan salah satu wilayah perairan Indonesia yang menjadi basis kegiatan perikanan tangkap para nelayan. Demi lancar dan meningkatnya hasil tangkapan nelayan Pesisir Selatan.

Hal itu, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar menyalurkan bantuan berupa mesin kapal dan cool box fiber ikan kepada 47 kelompok nelayan.

Bupati Rusma Yul Anwar mengungkapkan, bahwa bantuan sarana prasarana dari Dinas Perikanan dan Pangan (DPP) Pessel tahun 2024 diserahkan kepada kelompok nelayan di sembilan kecamatan di Pesisir Selatan.

“Bantuan dengan total anggaran sekitar Rp 4 (empat) miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK),” kata Bupati Rusma Yul Anwar saat menyerahkan bantuan secara simbolis di Pantai Sumedang, Kecamatan Ranah Pesisir, Pada selasa (3/9/2024).

Menurut Rusma, bantuan sarana dan sarana untuk nelayan itu, bertujuan untuk membantu para nelayan serta memudahkan nelayan dalam meningkatkan hasil tangkapnya.

Ia menjelaskan, bahwa Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) merupakan salah satu kabupaten/kota yang memiliki garis pantai terpanjang di Sumatera Barat (Sumbar), mencapai 243,5 km. Kemudian, memiliki luas wilayah sekitar 5749,89 km2, yang terdiri dari 15 kecamatan dan 182 nagari, serta memiliki sungai sebanyak 27 sungai yang berada di beberapa kecamatan.

“Kabupaten Pesisir Selatan ini memiliki 5 (lima) teluk dan 47 (empat puluh tujuh) pulau kecil yang indah dan menawan. Dengan kondisi geografis seperti itu, tentu saja memiliki potensi perikanan dan kekayaan laut yang cukup besar.” Kata Rusma Yul Anwar

“Potensi ikan dan kekayaan laut  kita cukup banyak, dan potensi itu harus kita manfaatkan melalui nelayan-nelayan kita di Pesisir Selatan,” Inbuhnya

Dengan potensi ikan dan kekayaan laut lainnya, banyak warga Pesisir Selatan yang berprofesi sebagai nelayan. Dinas Perikanan dan Pangan (DPP) Pessel mencatat, jumlah nelayan di daerah itu mencapai 15.697 orang yang tergabung dalam 168 kelompok dan koperasi.

Baca Juga :   Pengurus BUMDes di Desa Situgede Diduga Monopoli Belanja Sembako BPNT, Ketua MOI Jabar Angkat Bicara

Berdasarkan potensi kekayaan laut dan banyaknya jumlah nelayan, Pesisir Selatan merupakan menjadi salah satu daerah pemasok ikan terbesar di Provinsi Sumatera Barat.

“Terakhir di tahun 2023, hasil produksi dan tangkap ikan yang dihasilkan dari para nelayan di daerah kita, Pesisir Selatan lebih kurang sebenyak 58.505 ton. Dan, jumlah ini termasuk terbesar dari daerah lain,” ungkapnya

Untuk itu, lanjut dia, dalam mendukung potensi besar yang dimiliki Pesisir Selatan, pihaknya melakukan berbagai upaya untuk membantu nelayan.

“Dengan potensi sebesar ini, kami dari pemerintah daerah melalui Dinas Perikanan dan Pangan dengan keterbatasan anggaran, terus berusaha menjemput program ke pemerintah pusat maupun ke provinsi,” ucapnya.

Demi lanjut, dari upaya yang dilakukan Bupati Rusma Yul Anwar, bahwa Dinas Perikanan dan Pangan Pesisir Selatan berhasil mendapat bantuan seperti yang disalurkan kepada para melayan.

Ia berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dan nantinya nelayan bisa dengan mudah pergi melaut dan menyimpan hasil tangkapannya di dalam cool box fiber yang diberikan.

“Karena sama-sama kita lihat, saat ini semakin hari semakin jauh wilayah penangkapan ikan ke tengah laut. Sehingga sangat diperlukan perlengkapan yang memadai agar hasil tangkap ikan lebih optimal lagi,” sebut Bupati Rusma.

Ia berjanji akan tetap dan terus mengupayakan berbagai program perikanan dalam meningkatkan perekonomian para nelayan.

“Terakhir saya berpesan kepada para nelayan yang menerima bantuan, silakan manfaatkan dan jangan sampai ada yang dijual. Jika tidak dibutuhkan lagi, bisa dikembalikan lagi ke pemerintah daerah dan bakal kita serahkan kepada nelayan lain yang lebih membutuhkan,” Pungkasnya

(Maengki Arwan)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini