Berdasarkan NISN: Terima PIP Sebanyak 184 Orang Siswa SMPN 1 Sutera, Tak Satupun Yang Terdata Dari Anspirasi Dewan.

Newslan.id–Pesisir Selatan–Sebanyak 184 orang siswa-siswi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) 1 Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang terdata sebagai penerima Program Indonesia Pintar (PIP) Kemdikbudristek pada September 2024, ini.

Kepala Sekolah SMPN 1 Sutera, Ab d. Aziz mengungkapkan, 184 siswa yang menerima PIP periode September cair berdasarkan data yang diusulkan operator sekolah melalui Data Peserta Didik Nasional (Dapodik) yang diverifikasi Dinas Pendidikan Kabupaten Pesisir Selatan.

Ab d. Aziz mengatakan, berdasarkan data yang turun pada September 2024, tidak satupun yang tercatat berasal dari usulan aspirasi anggota DPR RI, tapi tercatat berdasarkan pemberian DTKS Penerima Bansos Kelas Berjalan atau Reguler, dan Pemberian P3KE Desil 1 dan 2 Kelas Akhir Reguler.

“Data yang kami terima dan dikirim ke pihak sekolah jumlahnya sebanyak 184 orang siswa. Sejauh ini belum ada melalui Aspirasi dewan. Karena didata itu diterangkan diberikan berdasarkan sumber yang jelas seperti dari data DTKS dan P3KE dan dari Provinsi,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Kamis 5 September 2024.

Ia menjelaskan, untuk program PIP ini pihaknya dari sekolah pasti mengusulkan data siswa setiap tahun ajaran baru dan per semester. Sedikitnya, pada tahun 2023 pihak sekolah mengusulkan sebanyak 400 orang siswa.

Namun, dari total nama yang diusulkan jumlah siswa yang keluar dan menerima PIP hanya berjumlah 125 orang siswa dan itu sudah cair pada April 2024 lalu.

“Data siswa yang kita usulkan diutamakan bagi siswa yang terdaftar sebagai penerima PKH, KIS serta surat keterangan miskin dari pemerintah nagari jika memang siswa itu dari keluarga yang tidak mampu,” terangnya.

Lanjutnya, untuk PIP yang terdata berdasarkan Aspirasi dewan pada September 2024, diketahui ada sekitar 38 orang siswa, dan data itu disampaikan dan diberitahukan oleh tim dari anggota dewan yang berada di Sutera.

Baca Juga :   Safari Ramadhan Kecamatan Pangkalan Jambu Di Desa Baru 

Namun, terkait, apakah 38 orang siswa itu sudah cair, ia mengaku tidak mengetahui. Sebab, saat dicek melalui Aplikasi https //pip.kemdikbud.go.id/index/cek nisn yang dikirim ke sekolah hanya 184 berdasarkan data yang diverifikasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan.

“Memang ada data dikirim dan diberikan kepada kita pihak sekolah melalui tim anggota DPR RI Lisda Hendrajoni sebanyak 38 orang siswa. Tapi apakah cair bulan ini kita kurang tau. Namun kalau dicek dari data melalui Aplikasi https //pip.kemdikbud.go.id/index/cek nisn yang dikirim ke kita hanya 184 orang itu,” ujarnya.

(Maengki Arwan)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini