Tumbuhkah Rasa Cinta Tanah Air, Satgas TMMD Melalui Latihan Paskibra Di Kecamatan Ranah Pesisir.

Newslan.id-Pesisir Selatan/ Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79, yang bertema ‘Nusantara Baru Indonesia Maju, pada tanggal 17 Agustus 2024 mendatang akan menjadi momen penting di Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Pasalnya calon pasukan pengibar bendera atau yang dikenal dengan Paskibraka dari kecamatan tersebut, dilatih langsung oleh prajurit TNI AD dari Personel Satgas TMMD ke-121 wilayah Teritorial Kodim 0311/Pesisir Selatan memang sedang beroperasi di Kecamatan tersebut sebagai wilayah sasaran.

Serda Iprizal Efendi mengatakan, mereka turun langsung melatih para calon Paskibraka dari sejumlah sekolah yang ada di Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan.

“Hari ini dan beberapa hari ke depan, kami akan ikut melatih sejumlah calon anggota Paskibraka di Kecamatan Ranah Pesisir,” ujar Serda Iprizal Efendi

Selanjutnya, katanya, latihan tersebut bakal diawali dengan baris berbaris hingga pengibaran dan pelipatan bendera sangsaka merah putih.

“Serta berbagai hal-hal yang wajib dalam prosesi pengibaran bendera merah putih,” ucapnya lagi.

Menurutnya, sebagai prajurit TNI dan warga negara Indonesia tentunya pengibaran duplikat sang saka merah putih harus berlangsung dengan sempurna.

“Terutama dalam kegiatan upacara peringatan hari kemerdekaan nantinya. Pengibaran bendera duplikat sang saka merah putih adalah hal yang sangat sakral bagi kami prajurit TNI,” kata Serda Iprizal, Minggu (28/7/2024) di halaman Sekolah.

Serda Iprizal menjelaskan, selain latihan Paskibraka, personel TNI juga akan memberikan motivasi dan menanamkan sikap cinta tanah air kepada para pelajar di Kecamatan Ranah Pesisir.

Menurutnya, dalam proses pengibaran bendera duplikat sang saka merah putih dibutuhkan nilai dasar kecintaan terhadap tanah air, kesatuan dan persatuan. Tak hanya itu, semangat juang para pahlawan agar selalu ditanamkan dalam diri masing-masing ketika proses pengibaran berlangsung.

Baca Juga :   Marahnya Presiden Jokowi Terhadap 6 Unsur Ini Pemicu Korupsi di Sekolah

“Ya, harus kita tanamkan dulu sikap cinta tanah air, rasa persatuan dan kesatuan demi menciptakan semangat juang para pahlawan bagi para calon paskibraka. Selanjutnya, diwujudkan dalam disiplin serta telaten dan kerjasama tim agar suksesnya prosesi pengibaran bendera,” Pungkas Serda Iprizal Efendi

Kegiatan TMMD ke-121 Tahun Anggaran 2024 Kodim 0311/Pesisir Selatan di wilayah teritorial Kodim Pesisir Selatan akan berlangsung selama 30 hari ke depan, mulai dari 24 Juli sampai 22 Agustus 2024 dengan menyasar pembangunan fisik dan non fisik.

(Maengki Arwan)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini