KM Samarinda Terbalik dan Tewaskan 3 Orang di Anambas

Newslan-id Anambas. Insiden tiga penumpang Kapal Motor (KM) Samarinda tewas tenggelam saat kapal terbalik terjadi di Pelabuhan Palmatak, Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (27/7/2024). KM Samarinda yang saat itu mengangkut 40 penumpang terbalik usai dihantam gelombang tinggi.

Selain itu, menurut Kepala Seksi (Kasi) Operasi Kantor Basarnas Kabupaten Natuna, Budiman, KM Samarinda juga kondisinya kelebihan muatan.

“Dari hasil penyelidikan, kapal ini mengangkut 40 orang penumpang. Itu sudah melebihi batas kewajaran muatan kapal. Sampai penumpang duduk di bagian atas kapal,” jelasnya melalui sambungan telepon, Sabtu siang.

Seperti diberitakan sebelumnya, petugas SAR dan nelayan sekitar segera melakukan pertolongan kepada para korban. Titik kejadian diketahui berada di koordinat 3° 17.167′ N – 106° 14.124’E.

Sementara itu, pemicu para korban tewas, kata Budiman, diduga terjepit saat seluruh penumpang dalam kondisi panik dan berusaha meloloskan diri dari kapal yang mulai tenggelam.

“Insiden sendiri terjadi sekitar satu mil sebelum mencapai pelabuhan. Itu sudah lumayan dekat,” lanjutnya. Para korban tewas segera dievakuasi dan dilarikan ke rumah sakit. Sementara berdasar catatan petugas, ada 22 korban masih dirawat di RSUD Palmatak dan RSUD Tarempa.

Lalu 15 korban lainnya telah kembali ke kediamannya masing-masing. Untuk korban tewas adalah Reva (20), warga Desa Teluk Sunting, Yurnalisa (46), warga Payamaram dan Siti Aisyah (69), warga Payalaman. (Kompas.com)

Baca Juga :   Polda Sumsel Tegas Terhadap "Debt Collector" yang Resahkan Konsumen, YLKI Beri Apresiasi dan Dukungan
Mau Pesan Bus ? Klik Disini