Melangkah Bersama Pronasa: Inspiratif, Seni Tari Komunitas Remaja Rantau Simalenang Kreatif

Newslan.id-Pesisir Selatan/ Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan (Pessel) memberikan kesempatan kepada anak nagari yang tergabung dari siswa-siswi SD hingga SLTP melalui Program Nagari Bersekolah (Pronasa).

Pronasa merupakan salah satu komitmen Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan membangun kualitas pendidikan, khususnya transformasi dalam koridor kurikulum merdeka belajar.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Pelaksana Pronasa, Syafrinal disaat Lonching Kegiatan Komunitas Remaja Rantau Simalenang Kreatif (KRRK) di Kampung Danau, Kenagarian Rantau Simalenang Air Haji Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Sabtu (21/7/2024) Pukul 20.30 WIB.

Ia mengatakan, bahwa kegiatan tersebut adalah Pemberdayaan Seni Budaya Tari Sebagai Upaya Peningkatan Partisipasi Anak remaja anak Nagari Rantau Simalenang sebagai generasi bangsa.

Selanjutnya, Kegiatan ini memiliki dua orang guru pembinaan atau Pembimbing diantaranya.

“Satu orang guru Pembimbing dari Pendidik adalah Bapak Sun Yanto S.Sn. M.Sn dan satu orang guru Pembimbing lagi dari kalangan masyarakat yaitu Bapak Ramadis. Jelas Ketua Syafrinal.

” Komunitas Remaja Rantau Simalenang Kreatif (KRRK) salah satu pilot Project Pronasa
menginspirasikan pemberdayaan seni budaya tari sebagai Implementasikan anak bangsa sekaligus melestarikan budaya yang terkandung di dalamnya.” Ucap Syafrinal.

lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini berada di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan.

” Tujuan utama mencegah anak-anak dari hal negatif dan membentuk karakter beserta mengembangkan kreativitas anak-anak Nagari agar bermanfaat secara positif.” Ujar Syafrinal

Ia juga berharap, Kepada seluruh pihak agar dapat mendorong anak-anaknya dari SD hingga SLTP bergabung dalam Komunitas Anak Nagari untuk mengisi waktu luang mereka dengan kegiatan positif.

” Marilah kerjasama mendorong kegiatan ini, sehingga memberikan manfaat bagi masa depan yang lebih baik.” Jelas Syafrinal.

Baca Juga :   Bukti Transfer Dan Rekaman Suara Ada, Dugaan Pungli/Gratifikasi Di Terminal Bus Muara Bungo Dibiarkan Serasa Dilindungi

Kesempatan berikutnya Wali Nagari Rantau Simalenang Air Haji, Anan Bakri dalam sambutan meyampaikan apresiasi tinggi kepada Komunitas Remaja Rantau Simalenang Kreatif (KRRK) yang begitu semangat dan antusias dalam memberdayakan kegiatan positif seperti latihan tari dan terima kasih kepada guru dalam pembinaan tersebut.

ia mengatakan, kegiatan tersebut juga salah satu visi dan misi pemerintah nagari dalam Pemberdayaan dan Pembinaan bagi anak remaja dalam guna antispasi kenakalan remaja.

Ia menyebutkan, kegiatan tersebut juga salah satu upaya Pemeritah Daerah (Pemda) Kabupaten Pesisir Selatan membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, dalam mewujudkan Pesisir Selatan Sejahtera, Maju, Dan Bermatabat yang Akuntaber beserta Profesional.

” Saya selaku Wali Nagari memberikan dukungan penuh kegiatan tersebut, dengan Rencana Kerja Pemerintah Nagari (RKP) untuk alokasikan anggaran dana untuk dukungan kegiatan Komunitas Remaja Rantau Simalenang Kreatif (KRRK) Pada tahun 2025 mendatang.” Ucap Wali Anan Bakri.

Ia mengungkapkan, Komunitas Remaja Rantau Simalenang Kreatif (KRRK) adalah aset nagari yang begitu berharga sebagai generasi penerus bangsa indonesia dimasa akan datang.

” Ini patut kita berdayakan sebagai generasi bangsa yang cerdas, dalam persiapan genap satu abad Kemerdekaan Republik Indonesia atau menuju Indonesia Emas tahun 20245.”

Pada kesempatan yang sama, Camat Linggo Sari Baganti, Busrasol Jalisman, SH mengatakan Pronasa merupakan program unggul Bapak Bupati Pesisir Selatan, Bapak Drs. Rusma Yul Anwar M.Pd dalam mengupayakan membangun Sumber Daya Manusia (SDM) dan meningkatkan kualitas pendidikan di daerah khususnya Pesisir Selatan.

Ia menjelaskan, pronasa merupakan inovasi dalam menggali dan mengembangkan potensi peserta didik sesuai minat dan bakatnya, sehingga kelak menjadi generasi yang tangguh dan dapat bersaing sesuai zamannya.

Baca Juga :   TRKC Adakan Acara Buka Puasa Bersama Di Rumah Makan Pak Lan Pamenang

Selanjutnya, kesenian atau kebudayaan daerah sangatlah penting untuk dipertahankan, apalagi oleh generasi muda penerus bangsa ini.

“Salah satunya, seperti yang dilakukan oleh komunitas anak remaja Nagari Rantau Simalenang Air Haji melalui Pronasa yang sangat berpotensi dalam pengembangan kesenian dan kebudayaan khusunya minang kabau bagi kalangan remaja.” Kata Busrasol

Lebih lanjut, Pronasa bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), agar dapat bersaing di era yang terus berubah, serta melindungi anak-anak dari dampak negatif teknologi.

” Program ini juga mempromosikan pentingnya seni dan budaya dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya.” Ujar Busradol

“Kegiatan ini patut mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, terutama masyarakat setempat.” Pungkas Camat Busrasol.

(Maengki Arwan)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini