Sambut HUT RI-79, Personel Kodim 0311/Pessel Karya Bakti Rehap Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)

Newslan.id-Pesisir Selatan/ TNI sebagai salah satu komponen bangsa, turut berperan serta melaksanakan berbagai upaya melalui pembinaan teritorial, dimana pembinaan teritorial merupakan amanat UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI yakni salah satu tugas TNI khususnya TNI AD dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) adalah pemberdayaan wilayah pertahanan serta membantu tugas Pemerintah Daerah yang diimplementasikan melalui kegiatan pembinaan teritorial.

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang Ke-79.
Personel Kodim 0311/Pesisir Selatan mengisi kemerdekaan tersebut, menggelar kegiatan Karya Bakti berupa perehapan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi masyarakat miskin ekstrim di Kampung Lubuk Begalung Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, pada hari selasa tanggal 9 Juli 2024.

Damdim 0311/Pessel, Letkol Inf Ery Partahi Hamonangan Siregar, M.Han. mengatakan kegiatan karya bakti merupakan salah satu bentuk peran aktif serta TNI untuk hadir ditengah-tengah masyarakat, agar kedekatan TNI dan masyarak selalu terjaga dan juga merupakan bagian dari bentuk kepedulian Personel kodim 0311/Pessel terhadap dukungan pembangunan di wilayah, dimana kegiatan ini memiliki nilai program teritorial.

“Bahwa kehadiran TNI berperan aktif membantu pemerintah daerah dalam rangka mengatasi kesulitan masyarakat, sehingga karya bakti bersama masyarakat akan terciptanya ikatan batin yang kokoh kuat TNI dengan masyarakat, “ Ucap Letkol Inf Ery Partahi Hamonangan

Ia menjelaskan, Penyaluran bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) ini merupakan salah satu wujud nyata dari kepedulian sosial dan komitmen pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan dan Kodim 0311/ Pesisir Selatan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya, Diketahui pada bulan April 2024 (Ramadhan) beberapa waktu yang lalu ketika Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar beserta didampigi Kepala OPD terkait , Dandim 0311/Pessel, dihadiri Camat Bayang, Wali Nagari setempat dan mahasiswa KKN, melaksanakan safari ramadhan di Kenagari Aur Begalung Talaok, Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Baca Juga :   Wandi Pengrajin Pembuat Gula Merah Dari Kelapa.

” Bapak Bupati Rusma Yul Anwar beserta rombongan sempat berkunjung dirumah bapak Syafruddin, umur 86 tahun merupakan sudah lanjut Usia (Lansia), bekerja sebagai petani warga Kampung lubuk Begalung Kenagarian Aur Begalung Talaok Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan,” ungkap Dandim 0311/Pessel Letkol Inf Ery Partahi Hamonangan Siregar, M.Han. disaat komfirmasi Media Newslan.id, Minggu (14/7/2024)

Lebih lanjut, sebagai bentuk empati Bupati Pessel rumah Bapak Syafruddin beserta keluarga, langsung diprioritas oleh Bupati Rusma Yul Anwar salurkan bantuan untuk memperbaiki rumah kondisi yang sangat prihatin.

” Bantuan tersebut merupakan bentuk empati Penkab Pessel atau bagian dari upaya Pemda Pesisir Selatan memberikan hunian yang layak dan memadai sehingga bantuan ini dapat mengurangi beban pengeluaran bagi keluarga kurang mampu.” Inbuh Letkol Inf Ery Partahi Hamonangan Siregar.

Dandim 0311/Pessel mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan atas kerjasamanya dan ini juga salah satu bentuk wujud kemanunggalan TNI, dalam mewujukan kesejahteraan masyarakat.

” Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada Pemda Pessel, atas kerjasamanya dalam mewujudkan kesejahteraan dalam memberdayakan sosial masyarakat sebagai wujud kemanuggalan TNI” Inbuh Dandim 0311/Pessel

Dengan adanya bantuan ini, Dandim 0311/Pessel berharap kepada Keluarga Penerima Mamfaat (KPM) dapat menikmati hunian yang lebih nyaman dan layak huni.

“Dengan bantuan ini bagi Keluarga Penerima Mamfaat diharapkan dapat menikmati hunian yang lebih nyaman dan hidup yang sejaterah dengan Bantuan Rumah oleh Pemda Pessel” Tutup Dandim 0311/Pessel

(Maengki Arwan)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini