H.Nurkhalis Dt. Bijo Dirajo dan BLK Payakumbuh Gelar Pelatihan Menjahit di Simalanggang

Newslan-id Kab. Limapuluh Kota, Sumbar-– Bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Barat melalui pokok-pokok pikiran Anggota DPRD H. Nurkhalis Dt. Bijo Dirajo, S.Pt unit pelaksana teknis dinas (UPTD) balai latihan kerja (BLK) Payakumbuh dinas tenaga kerja dan transmigrasi (Disnaketrasn) Sumbar membuka secara resmi pelatihan nenjahit pakaian wanita dewasa, Rabu 10/7.

Pelaksanaan latihan kerja berbasis kompetensi tersebut mengambil tempat di Jorong Tambun ijuak, Nagari Koto tangah Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten 50 Kota.

Selama 240 jam pelajaran (240 JP) 16 peserta hasil seleksi akan mengikuti dasar-dasar pelatihan menjahit secara kompeten dari Instruktur BLK yang bersertifikasi Nasional.

Dalam kesempatan tersebut Kepala UPTD-BLK Payakumbuh, H.Satri Edi S.Sos mengatakan, pelatihan menjahit berbasis kompetensi ini merupakan Pokir dari Anggota DPRD Bapak Nurkhalis yang pelaksanaannnya di amanahkan pada Disnakertans Sumbar melalui UPTD-BLK Payakumbuh.

“Kami sebagai unit pelaksana tekhnis dinas (UPTD) Disnakertrans Sumbar akan bertanggung jawab dalam mentransfer Ilmu menjahit kepada 16 peserta (usia produktif) selama 30 hari kedepan,” tukuk imbuh H. Satri Edi, S.Sos.

“Pemenuhan pokir ini sejalan dengan Misi Gubernur Sumbar yaitu : menciptakan 100 ribu Enterpreneur baru dan kami harapkan peserta pelatihan untuk bersungguh dalam menyerap Ilmu pelatihan dari Instruktur kami (BLK),” Pungkas H. Satri Edi, S.Sos.

Pembukaan pelatihan dan pelaksanaanya mengambil tempat di salah satu rumah warga, Febri Aldy.

Turut hadir Wali Jorong Tambun Ijuak Dinel, mewakili Nagari Koto Tangah Simalanggang.

Dari Kecamatan Payakumbuh, Hadir Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Mardaleni S.Ssos dan Kasi Pemerintahan, Oriza Sativa.

Lalu ada perwakilan Pemkab 50 Kota yang diwakili Sekretaris Disperindag 50 kota, Nuzul Firman.

Pelaksanaan Pokir H.Nurkhalis Dt. Bijo Dirajo ini merupakan satu rangkaian dari pemenuhan aspirasi beliau yang diserap Via Reses tahun sebelumnya.

Baca Juga :   Dua Pekerja Meninggal Dunia saat Perbaikan Kabel PLN di ULP Lubuk Linggau, LPPK3I : Jangan Kasus Sampai Dihentikan, Usut Penerapan SOP Ketenagalistrikan,

Tahun ini ada 3 pelatihan yang bersumber dari Pokir H.Nurkhalis, Selain di Kecamatan Payakumbuh, 2 lainnya sedang berjalan pelatihan yang sama di Kecamatan Gunuang Omeh dan Lareh Sago Halaban, semuanya dilaksanakan oleh BLK Payakumbuh.

Mau Pesan Bus ? Klik Disini