660 Ribu Pelanggan Terdampak Gangguan Transmisi SUTT 275 kV: 7 Gardu Induk di Jambi Padam.

Newslan.id – Merangin. Manajer PLN ULP Bangko Rizki Tunggua mengatakan gangguan transmisi terjadi pada sistem transmisi SUTT 275 kV Linggau-Lahat. Sistem itu merupakan jaringan inter koneksi yang terhubung dengan sejumlah wilayah di Sumatera.
Kata Rizki Tungguan, transmisi SUTT 275 kV Linggau-Lahat merupakan jaringan bleed system yang saling terhubung. Interkoneksinya mencakup beberapa wilayah di Sumatera. Sehingga, ketika sistem transmisi terjadi gangguan, maka dampaknya ke banyak daerah di Sumatera.

“Jaringan transmisi SUTT 275 kV Linggau-Lahat merupakan bleed system yang saling terhubung dan interkoneksi. Jadi, ketika sistem ini terganggu yang lain akan kena imbasnya. Tapi, imbas itu tidak bersifat permanen. Ketika sistemnya bisa distabilkan, maka bertahap yang lain bisa dinormalkan. Jadi, daerah yang tidak terimbas langsung diutamakan untuk dinormalkan,” ujarnya, Selasa (4/6/2024).

Dari pemantauannya, dampak gangguan listrik terjadi di Lampung, Babel, Jambi dan Bengkulu. Untuk wilayah provinsi lain di Sumatera, seperti Sumatera Barat dan Riau pihaknya mengaku belum mendapat informasi terganggu.

Pihaknya meminta maaf terkait adanya gangguan tersebut dan berimbas kepada sejumlah pelanggan yang ada di Sumsel,Jambi dan Bengkulu

Semua gerak cepat untuk kembali menormalkan sistem, ratusan personel PLN telah diterjunkan ke lapangan guna menelusuri penyebab gangguan agar segera memulihkan kembali sistem kelistrikan yang terdampak,” ungkapnya.

Saat ini, pihaknya tengah mengupayakan penormalan di gardu induk setiap wilayah. Sebagian daerah sudah kembali normal dan diharapkan dalam waktu dekat seluruhnya listrik sudah bisa menyala.

“Sebagian sudah menyala, kita mengupayakan penormalan sesegera mungkin karena personel di unit gardu induk sudah diturunkan.

Dan untuk wilayah kabupaten merangin kita akan mengatur untuk menstabilkan jaringan dengan mengadakan pemadaman bergantian untuk menjelang penormalan dan informasi selanjutnya, InsyaAllah dalam waktu dekat semua bisa normal,” ujarnya

Baca Juga :   Ibu Surti Pengrajin Pembuat Bakul Dengan Cara Manual Yang Sangat Kreatif.
Writer: Redaksi Editor: Lan Karlan
Mau Pesan Bus ? Klik Disini