Jelang Mudik Lebaran, Sat Lantas Polres Sarolangun Bersama Kementrian Ditjen Hubdat, Dishub dan TNI Lakukan Ramp Check

Newslan-id Sarolangun. Sat Lantas Polres Sarolangun bersama Kementrian Ditjen Hubdat, Dishub dan TNI melaksanakan ramp check kelaikan kendaraan umum yang masuk ke Terminal Sri Bulan Sarolangun pada Selasa (19/3/2024). Kegiatan ramp check dilakukan sebagai upaya pencegahan kecelakaan lalulintas.

Ramp check bukan hanya sekadar penindakan pelanggaran, tetapi juga langkah preventif yang dilakukan dengan memeriksa kondisi kendaraan bus di Terminal Sri Bulan Sarolangun. Tujuannya adalah memastikan kendaraan layak jalan dengan mengecek rem, klakson, ketersediaan palu pemecah kaca, dan hal-hal lain yang berkaitan keselamatan dijalan.

Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya, S.IK, M.SI melalui Kasat Lantas AKP Rio Rinaldi Siregar, S.IK menjelaskan, kegiatan kali ini difokuskan pada Micro bus dan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) untuk mengantisipasi kecelakaan.

”Kegiatan ramp check ini bertujuan meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas serta memastikan armada bus dalam kondisi aman, nyaman, dan layak untuk beroperasi,” ungkap AKP Rio Renaldi Siregar, S.IK.

Sat Lantas Polres Sarolangun bersama Kementrian Ditjen Hubdat, Dishub dan TNI melakukan pengecekan kendaraan, termasuk ban, rem, lampu sein, lampu depan, APAR, kelengkapan surat-surat kendaraan, dan aspek lainnya.

Dari hasil ramp check, dari beberapa kendraan yang telah diperiksa dinyatakan aman untuk melanjutkan perjalanan. Para pengemudi juga diperiksa kesehatannya, dan tidak ditemukan penggunaan obat-obatan terlarang.

”Saat kegiatan ramp check juga dilakukan pemeriksaan kelengkapan surat-surat seperti SIM, STNK, dan buku KIR untuk memastikan kendaraan layak jalan serta kondisi pengemudi dalam keadaan sehat,” tambahnya.

Kegiatan ramp check ini menjadi salah satu langkah yang penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan dalam berlalu lintas, serta sebagai upaya preventif untuk mengurangi risiko kecelakaan.(**)

Baca Juga :   Setelah Buron 5 Hari Pembunuh Pacar Di Muara Panas, Akhirnya Menyerahkan Diri di Polres Bungo.
Mau Pesan Bus ? Klik Disini