Pemilu Aman Jauhi Baliho Dari Jaringan PLN Untuk Tidak Memasang APK Dekat Jaringan Listrik.

Muaro Bungo – Newslan.id, Manager PLN UP3 Muaro Bungo Agung Pratomo mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak memasang baliho di tepi jalan yang bersinggungan dengan jaringan kabel PLN karena berpotensi menyebabkan gangguan pada jaringan listrik.

Imbauan ini disampaikan demi meningkatkan keselamatan ketenagalistrikan di lingkungan sekitar,apa lagi sekarang di musim penghujan.

Manager UP3 Muaro Bungo Agung Pratomo mengungkapkan jarak aman pemasangan baliho di sekitar jaringan listrik yakni tiga meter, Kurang dari itu, bisa berakibat yang ujungnya bisa memadamkan aliran listrik di sekitar.

“Baliho, umbul-umbul, papan reklame, lampu hias,layang-layang,tanam tumbuh dan segala macam yang sejenis diimbau tidak didirikan di tepi jalan. Ada beberapa kejadian listrik padam yang disebabkan oleh hal tersebut. Akhirnya bisa merugikan orang lain dan membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain juga,” ungkap Manager UP3 Muaro Bungo “Agung Pratomo”,Kamis (14/12/2023).

Langkah yang diambil PLN adalah melakukan sosialisasi melalui berbagai media dan berkoordinasi dengan KPU setempat mengenai potensi bahaya jika umbul-umbul atau bendera terkena jaringan listrik,”

Selain dapat menyebabkan pemadaman listrik, hal ini juga berpotensi berbahaya bagi masyarakat. Oleh karena itu, PLN secara rutin melakukan inspeksi potensi bahaya listrik di sekitar jaringan listrik PLN dan segera menindaklanjuti jika ada potensi bahaya.

“Potensi bahaya ini dapat menyebabkan pemadaman listrik dan berpotensi membahayakan masyarakat sekitar,” tambahnya.

Selain baliho, dia juga mengimbau agar masyarakat tidak memainkan layang-layang di sekitar jalur transmisi listrik.

Hal itu, kata Agung Pratomo, diatur dalam Permen ESDM Nomor 2 Tahun 2019.

Di sana dikatakan bahwa dilarang bermain layang-layang dengan benang konduktif di sekitar jalur transmisi.

Kita lihat sekarang lagi musim main layangan. Jaringan PLN yang tersenggol benang layang-layang bisa memadamkan listrik dan mengganggu sistem kelistrikan,dan meminta para orang tua juga mengawasi anak-anaknya saat bermain layangan dekat jaringan listrik,Pungkas Agung Pratomo.

Baca Juga :   LSM GPI Bentangkan Poster Mosi Tidak Percaya pada Kepemimpinan Bupati Blitar Mak Rini

**Red/VanBob’s

Mau Pesan Bus ? Klik Disini