Kodim 0607/Kota Sukabumi Gelar Apel Siaga Bencana.

Newslan-id Sukabumi. Kodim 0607/Kota Sukabumi bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) menggelar apel siaga dalam rangka menghadapi bencana alam di lapang Makodim, pada (Jumat, 08/12/2023).

Dandim 0607/Kota Sukabumi, Letkol Inf. Yudhi Hariyanto,S.Hub.Int. mengatakan kegiatan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam bersama Forkominda ini dilakukan atas surat telegram Pangdam III/Siliwangi No. ST/2163/2023.

“Ya kita baru saja melaksanakan apel siaga dalam rangka mengecek kesiapan penanggulangan bencana alam di Kota Sukabumi,” ujar Yudhi, kepada awak media.

Di musim penghujan saat ini, kata Yudhi, potensi-potensi kerawanan bencana alam tentunya semakin meningkat. Maka dari itu, pelaksanaan apel siaga ini bertujuan agar pada saat mitigasi bencana itu bisa dilakukan dengan lancar tanpa ada kendala.

“Kita saksikan bersama, kita bersinergi, berkolaborasi semua aparat, baik itu TNI Polri maupun stakeholder terkait. Saya melihat semuanya siap, baik itu secara personil maupun secara sarana prasarana pendukung,” ungkapnya.

Potensi kerawanan bencana alam di Kota Sukabumi, lanjut Yudhi, pihaknya sudah melakukan pemetaan. Terdapat beberapa sungai yang rawan terjadinya abrasi, diantaranya Sungai Cimandiri, Cisuda dan Cipelang.

“Kita sama-sama dengan Polri juga melakukan penghijauan, penanaman pohon sehingga kita harapkan tidak terjadi abrasi, kemudian juga kita sama-sama membersihkan sampah di sungai, sehingga tidak terjadi banjir manakala intensitas hujan cukup tinggi,” pungkasnya.

Apel Gelar siaga ini diikuti oleh, TNI,( Anggota Kodim 0607, Yon armed 13/ Kostrad,Yonif 310/ KK, Polres Sukabumi Kota,para Kapolsek ,Damkar,Satpol PP,Dishub, Tagana,,PMI,dan BPBD.**

Baca Juga :   Tak Butuh Waktu Lama, Tim Polres Sarolangun Berhasil Tangkap Terduga Pelaku Pemerkosaan dan Pembununhan Anak Dibawah Umur