ANTISIPASI BENCANA BANJIR KODIM 0420/SARKO ADAKAN KEGIATAN KARYA BAKTI DALAM RANGKA HUT KE 78 KODAM ll SWJ

Newslan-id Merangin/Jambi. Memasuki musim penghujan guna mengantisipasi terjadinya banjir dan menjaga Kesehatan lingkungan, Kodim 0420/SARKO melaksanakan kegiatan Karya Bakti TNI dalam rangka HUT ke-78 Kodam ll SWJ, pembersihan sampah yang menumpuk di saluran air/ parit dan pembersihan sampah sekitaran pasar di Kelurahan Pamenang Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin, Kamis (7/12/2023).

Komandan Kodim 0420/SARKO Letkol Inf Suyono S. Sos., Mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan, sebagai upaya mencegah terjadinya bencana banjir di wilayah dan menciptakan Lingkungan yang sehat. Karena memang saat ini sudah memasuki musim hujan, jadi dengan adanya pembersihan lingkungan berupa membuang sampah di parit dan gorong- gorong, adalah salah satu upaya pencegahan agar saluran air tidak tersumbat sehingga memperkecil kemungkinan untuk terjadi banjir

Tentunya ini merupakan implementasi Perintah dari komando atas, untuk membantu masyarakat dalam mengantisipasi Bencana banjir karena sudah memasuki musim penghujan” jelasnya.

Selain melaksanakan pembersihan juga dilaksanakan penanaman pohon di pinggir jalan dan pembagian bibit bermacam tanaman kepada masyarakat seperti tanaman pohon mahoni,petai,dan jenis kayu lain nya. Harapannya, setelah dilaksanakan pembersihan, maka tidak ada lagi masyarakat maupun para pedagang, yang membuang sampah di sembarang tempat. Karena Berbagai macam penyakit dan banjir, yang sewaktu-waktu akan dapat terjadi akibat banyaknya tumpukan sampah dimana-mana,” ungkapnya.

Kegiatan Karya Bakti ini di mulai dengan Apel bersama dan berdo’a bersama yang di hadiri , Asisten lll M Isnaini Kabupaten Merangin, Angota DPR Provinsi Izhar Majid S.E, Kapolsek Pamenang, Dinas Lingkungan Hidup, Camat Pamenang ( mewakili ), Ketua FKFFI, Kepala Puskesmas Pamenang ( mewakili ), Lurah Pamenang, Dinas BPBD, Ketua RW, Ketua Karang Taruna, dan Masyarakat.

Kapolsek Pamenang mengucapkan terima kasih kepada TNI yaitu Kodim 0420/SARKO serta seluruh komponen masyarkat yang telah peduli terhadap lingkungan diwilayahnya, terutama di Pasar Pamenang di Kelurahan Pamenang.

Baca Juga :   Sambangi Posko Nataru, Ganjar Bagi Bingkisan kepada Petugas Jaga.

Memang ada beberapa saluran air yang mampet, dan sampah yang berserakan akibat kurangnya kesadaran masyarakat. Hendaknya seluruh masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan, serta jangan pernah membuang sampah sembarangan, karena kepedulian itu lebih penting guna menjaga kebersihan lingkungan masing-masing,” Tutupnya.

Tim