KEGIATAN SOSIALISASI DAN PEMBENTUKAN DESA TANGGUH BENCANA (DESTANA) DI DESA KARANG BERAHI, KECAMATAN PAMENANG

Newslan-id Merangin, Kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan Desa Tangguh Bencana (DESTANA) di Desa Karang Berahi , Kecamatan Pamenang. Upaya BPBD Provinsi Jambi untuk melakukan pencegahan dan kesiapsiagaan bencana terus dilakukan oleh BPBD Provinsi Jambi.

Pagi ini (07/11/2023), bertempat di Balai Desa Karang Berahi, Kecamatan Pamenang, BPBD Jambi Melakukan Kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan Desa Tangguh Bencana (DESTANA).

Destana merupakan desa/kelurahan yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana, serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan, jika terkena bencana. Destana memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi resiko bencana.

” Melalui pelatihan ini BPBD Provinsi Jambi berharap para peserta pelatiahan dan sosialisasi ini mampu mengkaji, menganalisis, mengurangi risiko-risiko di wilayah masing-masing dengan sumber daya yang bisa mereka manfaatkan dari lingkungan sekitar termasuk Pemerintah Desa dan Masyarakat,” Ismail, SE. selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jambi.

Dengan adanya Destana di Desa Karang Berahi ini, diharapkan para peserta kegiatan Destana bisa menyiapkan diri dan membagi ilmu yang dimiliki kepada masyarakat sekitar tempat tinggal mereka, Sehingga masyarakat bisa menganalisa dan mengantisipasi bencana bencana yang mungkin terjadi, tutup nya.

Samsul Fuad, SH selaku Kepala Desa Karang Berahi mengucapkan banyak terimakasih dengan diadakan Sosialisasi Destana di Desa ini Kami selaku tuan rumah di Desa Karang Berahi, semoga kedepannya masyarakat Desa Karang Berahi berjaya dan semakin sukses.

(Tim)

Baca Juga :   Peresmian Mushola Nurul Ikhlas Adakan Acara Pengajian dan Halal Bihalal Bagi Warga Dusun Tegal Sari desa Kutadalom Kecamatan Gisting.
Mau Pesan Bus ? Klik Disini